Kasus ini karena password semua password baik user biasa maupun Super User (root) tidak diketahui.
Pusing melanda saya ketika harus dihadapkan pada situasi pelik (lebay) dimana saya menggantikan teknisi sebelumnya yang resign dalam mengurusi server gateway. Lah kenopo emange? Iyalah pusing karena saya menerima limpahan yang ditinggalkan begitu saja tanpa diwariskan terlebih dahulu.
Gateway kantor saya memakai Ubuntu 6.06 server. Tweweng server? Buset dah saya biasanya cuma linux desktop, itu juga cuma dikit. Walhasil karena sudah terdesak, keluarlah saya mencari tutorial-tutorial untuk menjebol password ubuntu yang entah dimana keberadaannya. coba tutorial 1, gagal. Kedua, gagal maning. Ketiga, gagal juga. Puyeng lah pokoke karna gagal-gagal terus. Dan alhamdulillah setelah dahaga berkepanjangan saya diberi petunjuk untuk membongkar server yang hampir usang itu. Sumbernya saya lupa karena dokumentasi saya hanya berupa caranya saja. Dan jika teman-teman menemukan sumbernya silahkan sharing disini yah. Semoga tutorial singkat dengan cerita bertele-tele ini bermanfaat buat kita semua.
Teman-teman silahkan coba cara ini yah, terima kasih.1. Gunakan Ubuntu Live CD (yg saya gunakan 9.10 dekstop)
2. Masuk ke Terminal
3. Cek Partisi Hardisk
#fdisk –l
dev/sda1
dev/sda2
dev/sda3 misal ini adalah partisi system
4. Mounting partisis system td ke dir /mnt
#mount /dev/sda3 /mnt
5. Masuk ke dir /mnt
6. Ketikkan perintas
#chroot
#password (isikan password terbaru)
7. Restart Komputer
8. Cobalah Login langsung dengan user root

Selamat Mencoba


Artikel Terkait:

Install WordPress Pada Xampp dengan Server Linux
Percantik Tampilan Ubuntu Desktopmu
Tidak Usah Takut Beralih ke Linux
Instal PostgreSQL di Ubuntu
Instal Ubuntu 10.10 Desktop
Instalasi Aplikasi Senayan di Ubuntu
Instal Xampp Server di Ubuntu
8 Alasan Memilih Ubuntu
Install Aplikasi Baru di Ubuntu Desktop
Ubuntu Software Center
Meremote Server Linux dengan Client Linux (ssh)