“Semua bisa karena terbiasa”

Jadikan pepatah tersebut sebagai pendorong semangat kita ketika hendak beralih ke Linux. Jangan takut untuk mencoba karena kalau tidak pernah mencoba maka kita tidak akan bisa dan ketakutan itu akan terus meraja dalam diri kita. Saya sendiri tadinya coba-coba dan akhirnya menyukainya juga.

Yang paling mendasar dirasakan oleh user baru adalah merasakan perbedaan yang sangat mencolok jika dibandingkan dengan versi Windows. Dan pertanyaan yang sering terlontar dari pengguna baru adalah “Kalo di Windows begini kalo di Linux gimana?”

Perlu diketahui bahwa salah satu keunggulan linux adalah kemampuan membaca partisi Windows (NTFS). Jika komputer dengan OS Windows Anda tidak bisa booting OS maka Anda dapat menggunakan Linux versi Live CD untuk kebutuhan darurat Anda, misalnya untuk meyalin (copy) data. Itu merupakan salah satu kelebihan Linux dibandingkan dengan Windows. Kelebihan lainnya tentu banyak.

Perbanyak berkomunikasi dengan pengguna linux lainnya dan ikut forum diskusi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Selain itu, jangan sungkan-sungkan untuk mencoba dan mencoba.

Saran saya jika Anda masih ingin coba-coba, siapkan satu komputer yang memang dikhususkan untuk eksperimen dan hindari penyimpanan data-data penting di dalamnya agar Anda tidak ragu untuk melangkah.

Selamat mencoba

Artikel Terkait :

Percantik Tampilan Desktop Ubuntu
Tidak Usah Takut Beralih ke Linux
Instal Aplikasi Senayan di Ubuntu
Plugin untuk Memutar Audio dan Video di Ubuntu
Install XAMPP Server di Ubuntu
8 Alasan Memilih Ubuntu
Instal Aplikasi Baru di Ubuntu
Ubuntu Software Center
Meremote Server Linux dengan Client Linux (ssh)
Hak Akses pada Linux
Perintah Dasar Linux
User dan Grup pada Linux
Instal Webmin di Ubuntu

Advertisements