Kelihatan sepele tapi penting. Yap tepat sekali. Tepat apanya kawan? Tepat buat langkah temen-temen yang menyempatkan waktu untuk menyalin atau memback-up phonebook handphone ke media lain seperti Excel. Langkah ini terlihat begitu penting ketika temen-temen mengalami keadaan seperti hilangnya handphone beserta SIMCardnya juga ketika SIMCard atau handphone rusak.

Kejadian seperti ini seringkali dialami teman-teman saya. yang tiba-tiba sms menanyakan siapa yang sms ketika saya kirimi sms. Kemarin baru sms-an kok tiba-tiba nanya siapa. Itu artinya nomor kita tidak disimpan oleh temen tersebut. Alasannya salah satunya bisa jadi karena baru kehilangan HP sekaligus dengan SIMCardnya.

Sumber gambar : http://bangdanu.wordpress.com/2008/07/04/excel2007/

Oke temen-temen ini ada tips dari saya yang sebenarnya sudah pernah saya posting pada blog saya yang lain, massol507.multiply.com

1. Salinlah phonebook temen-temen ke Excel. Ini mungkin sangat melelahkan apalagi temen-temen harus menyalin lebih dari 400 nama dan nomor. Tapi, lihatlah manfaatnya ke depan. Cara lain bisa saja backup dengan fasilitas PC Suite, akan tetapi jika Anda menggunakan HP dengan merk yang berbeda filenya bisa saja tidak akan terbaca.

Phonebook dalam Excel

2. Upload ke email yang temen-temen gunakan, sebagai contoh saya memakai email yahoo. masukkan pada lampiran atau fasilitas Attach File. File ini tidak akan terhapus jika Anda tidak mengutak atik dan enaknya lagi temen-temen dapat mengunduhnya setiap saat ketika temen-temen membutuhkannya.

Attach FilePhone Book  ke email1

Attach File PhoneBook ke email2

Email yang berisi PhoneBook

Demikian tipsnya dan semoga bermanfaat 

Artikel lainnya:

– Edit Foto Online dengan Picnik

– Capture Gambar dan Foto dengan Paint Bawaan Windows 7

Mungkin Sepele Tapi Penting (Back Up Phone Book Hanphone)