Canoscan Lide 100 merupakan scanner keluaran Canon yang memiliki umur sudah lumayan lama. Saya biasa menggunakan scanner ini sejak 2009, wah ternyata sudah 2 tahun yah. Kebetulan ini merupakan scanner kantor dimana hampir semua komputer dan laptop client menggunakan Windows sebagai Sistem Operasinya. Driver scanner ini sendiri sudah include dalam dus. Jadi, tidak ada yang susah menggunakan scanner tersebut. Permasalahan datang ketika saya mulai menggunakan Linux dalam hal ini Ubuntu sejak awal 2010. Ketika saya mencoba menggunakan scanner tersebut ternyata Ubuntu belum support terhadap perangkat tersebut. Alhasil, saya mencoba mencari informasinya di Google dan daftar list perangkat keras yang didukung oleh Ubuntu. Memang, ternyata Canoscan Lide 100 ini belum didukung.

Nah, beberapa hari terakhir ini saya mencoba mencari beberapa tutorial yang dapat dipraktekkan di BlankOn Pattimura. Kemarin saya berhasil dalam instalasi printer Epson T13 dimana tutorial yang saya gunakan adalah tutorial dari teman yang menggunakan Ubuntu. Nah, berpedoman dari situlah saya mencoba untuk menerapkannya di BlankOn termasuk instalasi driver Canoscan Lide 100 ini. Oiya, ternyata setelah saya cek kembali referensi saya untuk instalasi driver Canoscan Lide 100 ini diposting bulan Juli 2010 lalu. Wah kebayang yah saya sudah melewatkan informasi ini setahunan lebih.

Tak lupa pula saya mengajak kepada teman-teman untuk berterima kasih kepada Sane Project yang sudah menyediakan driver untuk Canoscan Lide 100 ini. Perlu menjadi catatan juga bagi teman-teman yang menggunakan BlankOn untuk sering-sering mencoba tutorial instalasi driver atau aplikasi yang ada pada Ubuntu karena BlankOn sendiri masih keluarga Debian.

Saya sendiri mendapatkan refensi dari :

  1. http://hadinux.blogspot.com/2011/06/installasi-scanner-canon-lide-100-di.html yang menggunakan Ubuntu 11.04

  2. http://anisofian.com/2010/07/05/canon-lide-100-di-ubuntu-lucid-lynx-10-4/ yang menggunakan Ubuntu 10.04

  3. http://ubuntuforums.org/showthread.php?t=1001955 dengan Ubuntu versi yang belum saya ketahui

Tak jemu-jemu dan tak sungkan-sungkan saya menyampaikan kepada teman-teman untuk mempersiapkan segala hal yang diperlukan sebelum memulai mencoba tutorial ini. Silahkan pastikan beberapa hal berikut:

  1. Scaner Canoscan Lide 100 (kondisi dapat terpasang atau belum terpasang yang penting ada aja dulu, kalau ga ada ya wassalama dah,hehehe)

  2. Sistem Operasi, ingat lihat judul dapat menggunakannya untuk BlankOn atau Ubuntu

  3. Koneksi internet karena beberapa komponen harus didownload

  4. Terminal atau konsol. Pada tutorial ini murni menggunakan kelihaian jari ngetik-ngetik perintah.

  5. Pada BlankOn (setingan Bahasa Inggris) yang saya gunakan sebagai sumber daya (source) saya sambungkan ke kambing.ui.ac.id

  6. Sabar menunggu proses hingga selesai karena ketika download komponen lumayan memakan waktu.

Oke sudah jelas tentang persiapannya? Lanjut gan,

Yaps, ayo buka Terminal dengan klik StartMenu>All Aplication>Accessories>Terminal

Setelah Terminal terbuka langsung saja masuk dengan Super User (root) untuk mempermudah proses instalasi

massol@Trainer:~$ sudo su

[sudo] password for massol:

Setelah itu ketikkan perintah di bawah ini untuk menginstall library

# apt-get install libusb-dev  build-essential libsane-dev

Selanjutnya, install aplikasi git-core dengan mengetikkan perintah berikut:

# apt-get install git-core

Kemudian menggunakan aplikasi git yang telah terinstall, ambil SANE backends (file driver pendukung scanner) dengan mengetikkan perintah berikut :

# git clone git://git.debian.org/sane/sane-backends.git

Perintah tadi digunakan untuk mendownload dan menempatkan sane-backends pada direktori home. Langkah selanjutnya yaitu melakukan kompilasi file tersebut. Lanjutkan dengan mengetikkan perintah berikut:

# cd sane-backends

# ./configure –pfefix=/usr –sysconfdir=/etc –localstatedir=/var 

Tunggu sampai proses cheking dan konfigurasi selesai. Lanjutkan dengan mengetikkan perintah berikut:

# make

# sudo make install

Tunggulah sampe proses instalasi selesai lalu lanjutkan dengan mengetikkan perintah dibawah ini agar semua user dapat menggunakan scanner.

# /lib/udev/rules.d/40-libsane.rules

Setelah editor terbuka tambahkanlah 2 baris berikut ke bagian paling bawah.

# Canon CanoScan Lide 100

ATTRS{idVendor}==”04a9″, ATTRS{idProduct}==”1904″, ENV{libsane_matched}=”yes”

Simpan/Save lalu tutup editor dan restart komputer.

Cobalah membuka aplikasi Simple Scan dengan klik Start Menu>All Aplications>Graphics>Simple Scan. Lakukan scan satu dokumenn.

Mudah bukan? Terima kasih.

Artikel Lainnya :

Install Printer Canon IP2700 di BlankOn atau Ubuntu
Install Printer Epson T13 di BlankOn/Ubuntu

Membuat Slideshow Desktop dengan Shotwell

Menyembunyikan File/Folder di BlankOn/Ubuntu

Install Flash Player di BlankOn

Memasang Mozilla Firefox di BlankOn

Percantik Tampilan Desktop Ubuntu

Tidak Usah Takut Beralih ke Linux

Instal Aplikasi Senayan di Ubuntu
Plugin untuk Memutar Audio dan Video di Ubuntu
Install XAMPP Server di Ubuntu
8 Alasan Memilih Ubuntu
Instal Aplikasi Baru di Ubuntu
Ubuntu Software Center
Meremote Server Linux dengan Client Linux (ssh)
Hak Akses pada Linux
Perintah Dasar Linux
User dan Grup pada Linux