Menonton video dari artis idola, video lucu, video hal-hal aneh yang sempat terekam kamera, ada di Youtube. Ya, Youtoube saat ini sebagai situs video terpopuler di dunia. Kemudahan mencari dan memutar video adalah salah keunggulan situs yang sudah diakuisisi oleh Google ini. Sayangnya kalian semua hanya bisa menonton video kesuakaan kalian via streaming. Artinya, kalian dituntut untuk menggunakan akses internet. Iya kalau internet lancar jaya, jika lelet? Jangan harap dapat memutar video, untuk membuka situsnya saja mungkin harus ngeden (berat).

Eits, jangan khawatir video-video yang ada di Youtube bisa didownload loh. Artinya jika kalian sudah mendownload video yang kalian sukai, kalian hanya cukup memutar dengan menggunakan media player yang sesuai dengan file videonya. Lah terus piye carane download, kan di Youtube tidak tersedia link downloadnya? Jangan sedih dulu yah karena kalo kalian mau ngulik, pasti akan ada jalan keluarnya.

Peringatan Keras BangetSSS!!!! Tutorial ini tidak ditujukan untuk pembajakan

Tararam….banyak cara menuju Raja Ampat (ngarep.com,hua hua).

Ada banyak cara untuk mendownload video dari Youtube. Cara-cara tersebut antara lain menggunakan:

1. Plugin DownloadHelper di Mozilla Firefox (akan dibahas lebih jauh dalam pembahasan ini)

2. Internet Download Manager

Aplikasi ini tidak gratis tapi kalian bisa menggunakan versi trialnya selama 30 hari. Cara download hanya dengan membuka situs Youtube lalu muncul link otomatis yang dapat untuk mendownload (bayangin aja sendiri,hahaha)

3. Youtube Downloader (cari caranya sendiri yah)

4. dll masih banyak aplikasi atau fasilitas lainnya yang dapat kalian gunakan.

Seperti yang saya utarakan di atas bahwa yang akan dibahas disini adalah cara download dengan menggunakan plugin DownloadHelper di Mozilla Firefox.

Bukalah browser Mozilla Firefox (plugin flash player sudah terinstall jika belum silahkan lihat cara install plugin flash player di sini khusus pengguna BlankOn)

Jika tampilan menu lama klik menu bar Tools>Add-ons

Jika tampilan menu baru klik tanda panah di samping kata Firefox lalu klik Add-ons

Setelah muntul tampilan baru arahkan kursor ke kotak pencarian. Ketikkan kata “downloadhelper” lalu klik tanda pembesar atau Lup. Plugin Downloadhelper akan muncul. Di bagian kanan klik button Install dan proses instalasi akan berjalan.

Setelah terinstall restart browser dengan klik Restart Now.

Oke Instalasi sudah beres.

Sekarang buka situs Youtube, cari dan putar video favorit kalian

Plugin Downloadhelper akan menteksi video yang sedang diputar. Nah di Browser ada ikon seperti 3 balon berwarna biru, merah dan kuning. Klik tanda panah (V) di sebalah kanannya.

Setelah itu akan muncul list video yang dapat didownload. Klik salah satu atau klik menu Download yang muncul (print screen di blankon tidak keliatan list video jadi saya anggap kalian faham)

Letakkan hasil download pada folder yang kalian inginkan lalu klik Save dan proses download akan berjalan.

Tunggulah hingga selesai. Jika sudah selesai silahkan puter video yang kalian download.

Mudah bukan? Tengkyu buat atensinya.

Referensi : dari Bang Ucok (Jusri Moma eks rekan sekantor)

Sample video milik theosatrio

Artikel Lainnya :

(belum tersedia)