Kenalan dulu yah dengan Pidgin. Pidgin merupakan aplikasi internet messenger yang mendukung banyak protokol (multi). Adapun protokol yang didukung antara lain Yahoo, AIM, Bonjour, Facebook(XMPP), Gadu-Gadu, GTalk, GroupWise, ICQ, IRC, MSN, MXit, MySpaceIM, SIMPLE, SameTime, XMPP, Yahoo Japan dan Zephyr. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada banyak sistem operasi seperti Windows, Linux, BSD, MacOS dan Amiga OS. Info lengkap tentang pidgin dapat Anda peroleh di situs resminya di www.pidgin.im atau di Wikipedia.

Yang akan saya bahas disini merupakan Pidgin bawaan BlankOn tetapi sebenarnya Pidgin dengan Sistem Operasi apapun sama saja. Perlu diketahui juga bahwa disini saya tidak akan menjelaskan cara instal Pidgin. Selain itu protokol yang akan saya bahas disini adalah Yahoo Messenger. Sebelum memulai perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Pastikan Aplikasi Pidgin telah terinstall

2. Pastikan juga koneksi internet lancar

3. Sample menggunakan Sistem Operasi BlankOn dengan bahasa Inggris

Kembali ke Laptop…

Buka aplikasi Pidgin dari panel menu

Setelah muncul tampilan baru, klik Add.

Selanjutnya akan muncul tampilan baru. Pilih tab menu Basic. Pilih Protocol Yahoo. Berikutnya masukkan Username dan Password Yahoo. Data selanjutnya hanya optional saja jadi jika langsung klik button Add juga sudah terpenuhi syarat untuk online Messenger, akan tetapi tidak ada salahnya jika Centang Remember password. Untuk pilihan Local alias, isikan nama Anda. Centang semua pilihan berikutnya. Jika ingin menambahkan avatar atau ikon klik ikon sebelah kiri menu Remove lalu pilih gambar atau foto. Setelah itu klik button Add.

Jendela Pidgin Messenger akan muncul dan loading untuk online. Pada saat bersamaan jendela penambahan akun baru juga muncul. Jendela penambahan akun baru digunakan jika Anda ingin menambahkan akun lain baik Yahoo maupun protokol lainnya yang nantinya dapat online dengan satu Pidgin.

Untuk dapat chating dengan teman, klik salah satu Yahoo teman Anda. Pidgin juga memungkinkan chating dengan banyak teman hanya dengan satu jendela. Antar user hanya dibedakan dengan tab menu saja.

Fasilitas yang terdapat dalam pidgin memang berbeda dengan Yahoo Messenger. Salah satunya adalah belum terintegrasinya webcam seperti yang ada pada Yahoo Messenger. Oke segitu dulu yah. Terima kasih buat atensinya.

Artikel Lainnya :