Salah satu yang membuat kita lebih bersemangat lagi untuk ngeblog adalah dengan banyaknya orang yang mengunjungi blog kita. Meskipun belum tentu membaca artikel yang kita suguhkan, para pengunjung memberi dampak psikologis bagi para pengelola blog,hahha lebay dan lom ada penelitian tentang hal ini kaya’e mas bro. Oke biar tidak ngelantur tambah jauh mari simak ulasan tentang statistik di WordPress. Ingat WordPress yang saya bahas di sini adalah blog WordPress.COM. Pastikan juga bahwa mas bro berada dalam posisi login ke blog dan masuk halaman Dashboard. Yuk diikuti.

Pada halaman Dashboar silahkan pilih menu Dashboard>Site Stats 

Silahkan simak tampilan grafik di bawah ini

Disimak yah.

Days, Weeks, Months adalah menu untuk melihat grafik berdasarkan hari, mingguan atau bulanan

 Batang berwarna biru keabuan menggambarkan pengunjung. Pada gambar di atas adalah contoh perhari.

32.900 merupakan angka atau jumlah pengunjung sejak blog ini diterbitkan

84 merupakan angka kunjungan hari ini

337 merupakan kunjungan terbanyak. Pada blog ini kunjungan terbanyak tersebut terjadi pada tanggal 18 Januari 2012.

Summary Tables digunakan untuk melihat statistik dengan bentuk tabel

Lanjut ke gambar berikutnya

Gambar di atas menjelaskan tentang statistik kunjungan per artikel, page (halaman) atau file/image. Bisa dipilih Today atau Yesterday, hari ini atau hari kemarin.

Gambar di atas kaitannya adalah dengan Search Engine atau mesin pencari.  Disana dapat dilihat Search Engine apa saja yang digunakan pengunjung hingga menemukan artikel, bagian artikel atau gambar dari blog ini. Tampilan juga bisa dilihat berdasarkan harian, Today atau Yesterday. Silahkan klik tanda plus (+) untuk melihat lebih detail.

Kalau tadi lebih kepada mesin pencari, gambar di atas ini menjelaskan lebih detail kata kunci yang digunakan oleh pengunjung hingga ke sasar di blog ini. Tampilan bisa dipilih Today atau Yesterday.

Sebenarnya masih ada lagi bagian dari statistik blog WordPress tetapi saya rasa gambaran di atas sudah cukup untuk mas bro semua berbangga diri bahwa blognya ternyata banyak yang mengunjungi. Sekian dan terima kasih.

Artikel lainya :

Cerita Tentang Ngeblog di WordPress
Mendaftar Blog Baru di WordPress
Login Logout di WordPress
Mengenal Menu-Menu di WordPress
Posting Artikel di WordPress