Blogroll adalah fasilitas untuk mem-bookmark alamat-alamat blog milik teman atau blog-blog yang isinya kita sukai. Letak dari Blogroll biasanya terdapat pada bagian sidebar halaman depan sebuah blog. Akan tetapi, tidak semua bloger memajang Blogroll pada sidebar. Ada beberapa bloger yang memajangnya pada halaman tertentu yang mana untuk mengaksesnya pengunjung diharuskan klik salah satu menu navigasi yang terdapat pada blog tersebut. Selain itu, ada juga yang memajang layanan Blogroll-nya dengan mengurutkan nama-nama pemilik blog berdasarkan abjad. Nah, bada blog saya ini posisi Blogroll saya letakkan di bagian sidebar. Silahkan dilihat yah.

Fasilitas ini secara tidak langsung dapat berdampak dengan meningkatnya pengunjung pada blog yang alamatnya di pajang di Blogroll-nya blog orang lain. Selain itu bagi pembuat Blogroll fasilitas ini berfungsi sebagai pengingat dan berguna jika sewaktu-waktu membutuhkan alamat-alamat blog yang terdapat pada Blogroll. Nah biar makin jelas berikut alasan kenapa perlu adanya sebuah Blogroll:

  1. Adanya kegiatan blogwalking para bloger yang berujung pada pertukaran alamat blog (agak terpaksa,hue hue)
  2. Sebagai bentuk penghargaan bagi bloger yang alamatnya di pajang pada Blogroll (diakui gitu deh,hue hue)
  3. Fasilitas ini sudah disediakan oleh penyedia layanan blog gratis termasuk WordPress.com (mumpung sudah ada sob)

Kayaknya udah kali yah 3 saja cukup alasannya, jika temen-temen mau menambahkan, silahkan.

Kembali ke laptop!!! Yuk segera meluncur ke Te-Ka-Pe…

Mulailah terlebih dahulu dengan menyiapkan alamat blog yang akan dipasang pada Blogroll kalian, contohnya https://massol507.wordpress.com 

Masuk ke halaman Dashboard dan klik menu Links>Add New

Isikan seperti contoh pada gambar di bawah ini dan jangan lupa centang (V) Blogroll pada Categories

Selanjutnya klik Add Link

Ulangi dengan cara yang sama untuk menambahkan alamat blog lainnya. Ups, tidak cukup sampai di sini dong. Kita harus memasangnya pada sidebar blog dengan mengaktifkan Widget>Blogroll-nya.

Klik menu Appearance>Widgets

Cari Links(Blogroll) lalu drag dan geser ke sidebar.

Buka layanan Links (Blogroll) dengan klik tanda panah atau klik menu Add (tergantung Theme yang digunakan). Pilih Blogroll dengan klik tanda panah. Centanglah salah satu atau semua pilihan Show Link Image, Show Link Name, Show Link Description atau Show Link Rating sesuai dengan keinginan. Untuk Links to show isikan dengan angka sesuai keginginan. Terakhir klik Save.

Selesai masbro…

Oke terima kasih buat atensinya yah.

Artikel Lainnya :