Spam adalah penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara bertubi-tubi tanpa dikehendaki oleh penerimanya. Orang yang melakukan spam disebut spammer. Tindakan spam dikenal dengan nama spamming.

Bentuk spam yang dikenal secara umum meliputi : spam surat elektronik (email), spam pesan instan, spam Usenet newsgroupspam mesin pencariinformasi web (web search engine spam), spam blog, spam wiki, spam iklan baris daring, spam jejaring sosial.

Dikutip dari id.wikipedia.org

Nah, dalam penggunaan website maupun blog sering kali pengunjung dengan sengaja mengirimkan spam pada form komentar termasuk website atau blog dengan CMS Worpdress. Tentunya ini merugikan pemilik website/blog yang dikirimi spam. Meskipun demikian jangan berkecil hati karena WordPress memiliki plugin anti spam yang salah satunya bernama Akismet. Kita beruntung karena hingga saat ini Akismet masih menyediakan versi gratisnya dengan durasi 1 tahun. Selebihnya, saya belum tahu. Mungkin akan berbayar semua.

Pada tutorial ini saya hanya akan menjelaskan bagaimana cara setting Akismet saja. Untuk cara install pluginnya bisa simak di link ini  dan download pluginnya di sini, Oce???

Oke dengan demikian saya anggap teman-teman sudah menginstal plugin Akismet.

Pertama-tama kita harus masuk ke situs Akismet http://www.akismet.com. Lihat tampilan yang muncul, klik button Get an Akismet API key.

Berikutnya pilih layanan Personal $0-$120/yr lalu klik button SIGN UP

Geser scroll ke kiri menjadi $0.00/yr lalu isi data berupa nama dan email kalian pada form registrasi. Setelah selesai klik button CONTINUE.

Setelah proses registrasi tadi selesai bukalah email seperti di bawah ini.

Copy kode Akismet API Key.

Pada blog atau website bukalah halaman Dashboard. Bagi yang sudah menginstall plugin Akismet akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Klik enter your Akismet API key.

Paste kode Akismet API Key pada kotak yang tersedia lalu klik button Update opsions.

Jika berhasil maka akan muncul notifikasi seperti di bawah ini. Jika belum berhasil silahkan coba lagi dengan alamat email yang berbeda untuk registrasi ke Akismet.com-nya.