Image
Pintu Masuk Festival Komputer Indonesia

Pestanya para penggila komputer di Indonesia yang bertajuk Festival Komputer Indonesia 2012, yang disingkat FKI ini digelar kembali. Tahun ini FKI merupakan gelaran ke-14 yang digelar serentak di 6 kota antara lain; Jakarta di Jakarta Convention Center, Surabaya di Gramedia Expo Surabaya, Semarang di Java Mall dan Makassar di Celebes Convention Center dan tentunya Kota Kembang, Bandung di Graha Manggala Siliwangi yang digelar selama 5 hari mulai tanggal 6 hingga 10 Juni 2012. Berbeda dengan kota lain, Yogyakarta sendiri pelaksanaannya dilakukan pada tanggal 9 hingga 13 Juni 2012 di Jogja Expo Center. Adapun harga tiket masuknya cuma Rp 3.000 dan dapat snack makanan ringan gratis.

Stand Smartfren

Beragam produk-produk IT dan gadget dari merek ternama mulai dari notebook, komputer desktop, tablet, hanphone. Tak ketinggalan pula produk-produk broadband dari ISP ternama seperti Centrin, CBN, Speedy dan lainnya ikut memeriahkan FKI tahun ini. Di Bandung, Stand produk seluler berupa Smartfren berdasarkan pengataman saya dalam 2 hari terkhir FKI ini menjadi stand paling diminati. Produknya berupa handphone ber-bundling kartu smartfren cukup memikat para pengunjung yang datang ke FKI di Bandung. Produk lain yang sempat saya lihat adalah USB Flashdisk merek Visipro berkapasitas 8GB yang hanya dibandrol Rp 45.000 di stand Axioo. Stand lainnya juga menawarkan produk-produk edisi promo yang tak kalah menggiurkan.

Image
Sesi sharing oleh Ketua Relawan TIK Jabar dan Fauzan Alfi dari Mozilla Indonesia

FKI di Bandung juga ada stand yang lain dari pada yang lain. Rekan-rekan Relawan TIK Jabar dan Mozilla Indonesia membuka stand khusus untuk konsultasi TIK kepada pengunjung yang hadir di FKI. Perwakilan dari Relawan TIK Jabar, Fajar Eridianto dan Mas Fauzan Alfi dari Mozilla Indonesia melakukan sharing tentang Relawan TIK dan kegiatan serta program Mozilla Foundation. Rekan-rekan Mozilla Indonesia selain membuatkan Mozilla versi bahasa Indonesia juga menggarap mozilla ke dalam bahasa Sunda yang mereka perkenalkan pada sesi sharing keesokan harinya, Minggu 10 Juni 2012. Selain itu, Mozilla Indonesia juga sudah memiliki maskot bernama Kumi yang didesain dengan baju-baju daerah Indonesia. Silahkan cek gambar-gambarnya di sini. Untuk lebih detailnya insya Allah saya akan ceritakan di edisi berikutnya, hehe sabar yah.

Image
Stand Game Online

Di sudut lain terdapat banyak komputer desktop dengan ornamen tokoh-tokoh game online. Benar saja, ternyata di FKI kali ini juga terdapat kompetisi game online gratis. Hampir semua kursi terisi para gamer. Sayangnya tidak disediakan game online satu-satunya yang saya sukai, Point Blank. Mungkin saya akan betah di sana jika game tersebut juga disediakan.

Sebelum beranjak pulang ternyata ada petugas yang melakukan survey. Saya yang waktu itu datang bersama teman pun menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan salah satunya saya harus jujur jikalau FKI tahun ini tidak begitu meriah meski waktu itu akhir pekan. Jika boleh saya memberi penilaian pengunjung dari kapasitas 100%, menurut saya pengunjung pada saat saya di sana kira-kira hanya 60% saja.  Promonya kurang gencar atau mungkin memang para penggila komputer kita sudah lebih senang dengan melihat-lihat informasi terbaru di Internet ketimbang datang ke acara pameran seperti FKI ini. Ini hanya pandangan saya saja, hehe.Oke terima kasih.

Foto-foto lainya

Image
Stand Speedy
Image
Stand Aksesoris Komputer
Image
Suasana pameran di hari ke-4

Artikel Lainnya :