Kabupaten Bandung Barat merupakan kabupaten baru di Jawa Barat hasil pemekaran Kabupaten Bandung. Cililin merupakan kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten yang baru disyahkan pada tahun 2007 ini. 16 Juli lalu di daerah Cililin inilah gelaran Festival TIK Bandung Barat dilaksanakan tepatnya di Pondok Pesantren Darul Falah yang dipimpin KH. Asep Burhanuddin.

Festival Bandung Barat ini adalah rangkaian kegiatan seminar dan workshop yang berkaitan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi. Gelaran ini diprakarsai oleh rekan-rekan Relawan TIK Jawa Barat yang juga sebagian komunitas Blogvaganza Bandung, Raihan Teknologi dan disupport oleh Kemkominfo, Telkom, Dispora Kabupaten Bandung Barat, Diskominfo Jawa Barat dan lainnya.

Acara dimulai dengan pembukaan yang diantaranya menampilkan kesenian daerah Aceh yang dipentaskan oleh santr-santri Pondok Pesantren Darul Falah. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Pimpinan Pondok Pesantren, Pejabat Kemkominfo, Pejabat Dispora Kabupaten Bandung Barat, dan Perwakilan dari Manajemen Telkom Kabupaten Bandung Barat. Pembukaan dilanjutkan dengan pelantikan Relawan TIK Kabupaten Bandung Barat dan peresmian Learning Center Bunting Telkom yang dilakukan oleh Kadispora Kabupaten Bandung Barat dan Manajemen Telkom. Sebelum acara pembukaan ditutup dengan pembacaan do’a, santriwati Pondok Pesantren tampil membawakan pertunjukan teater.

Selepas pembukaan kegiatan langsung dilanjutkan dengan seminar “Sehat Berinternet”. Hadir sebagai pembicara Indriyatno Banyumurti ketua Relawan TIK nasional sekaligus wakil dari Internet Sehat, Meliyani Setyorini wakil dari Blogdetik.com dan Asep Tatang dari Telkom. Seminar ini sendiri dimoderatori oleh Eko Jusmar.

Selepas jeda istirahat siang acara dilanjutkan dengan seminar “Mengubah Informasi Menjadi Aksi”. Kali ini menampilkan teman-teman dari komunitas Mozilla Indonesia yang diwakili Fauzan Alfi dan Artanto Ishaam yang menjelaskan tentang program-program Mozilla dan apa saja yang telah dilakukan oleh Mozilla juga Ibu Neneng dari Oscar 3 Bersaudara yang bercerita tentang perjalanannya dalam dunia wira usaha. Dalam talk show ini para peserta begitu antusias untuk mendengarkan dan bertanya kepada nara sumber.

Kegiatan dilanjutkan dengan seminar ketiga mengangkat tema “Blog dan Jurnalisme”. Kali ini pembicaranya adalah Bang Aswi, Kang Yudha P. Sunandar, Mas Eko Jusmar dan Bang Karel Anderson. Bang Aswi sharing tentang bagaimana menulis dari hal-hal yang ada di lingkungan sekitar dan juga bagaimana seseorang dengan menulis juga bisa mendapatkan penghasilan.  Lain halnya dengan ang Yudha yang sharing tahap demi tahap membangun sebuah E-Magazine. Mas Eko Jusmar sendiri sharing tentang bagaimana dengan menulis di blog dan bisa jalan-jalan gratis. Para peserta dibuat heboh dengan penampilan seorang Bang Karel Anderson. Blogger yang dijuluki sebagai Blogger Ngawur ini mencoba sharing sambil ngebanyol ala Stand Up Commedy.

Oh iya, ada yang lupa. Peserta sendiri rata-rata adalah pelajar dari Cililin, Cihampelas dan Batujajar. Juga hadir beberapa mahasiswa.

Nah, dengan dilantiknya rekan-rekan Relawan TIK Kabupaten Bandung Barat dan diresmikannya Learning Center Bunting Telkom di Pondok Pesantren Darul Falah tersebut semoga dapat membantu masyarakat khususnya di Kabupaten Bandung Barat menjadi masyarakat yang lebih informatif, amin.