Hem setelah lama meninggalkan blog saya ini akhirnya saya kembali dan pengen nulis lagi. Nulis opo? Ga usah yang rumit-rumit semacam tutorial programming dan lain-lain saya cuma pengen nulis tentang twitter kayak iki log @MassolPanjava , hehe promo.

Oke masbro dan mbakbri langsung wae.

Tweet Berjadwal, apa tuh? Tweet berjadwal adalah tweet yang akan ter-tweet dengan setingan waktu tertentu. Contoh yang sering saya gunakan untuk akun yang saya kelola @kabarPML adalah tweet jadwal sholat. Nggak mungkin dong setiap waktu sholat saya tongkrongin tepat sesuai dengan jadwal sholat setiap 5 waktu.

Pake apa masbro? Sesuai dengan judul, tools yang akan saya gunakan adalah dengan menggunakan Tweetdeck. Saya pernah coba menggunakan Hootsuite tetapi setingan waktunya per 15 menit, beda dengan Tweetdeck yang dapat diseting per menit. Bedanya kalo dengan Hootsuite bisa include gambar sedangkan Tweetdeck tweetnya walaupun diseting ada gambarnya bakal ketinggalan alias tidak ke-tweet gambarnya. Jo lali, make Tweetdeck.

Model seperti ini cocoknya untuk akun seperti apa yah? Tweet seperti ini sangat cocok untuk akun-akun publik, organisasi dan bisa juga akun twitter untuk jualan. So, admin bisa seting tweet berjadwal dalam setahun dikerjakan hanya dalam satu hari saja, simple kan?

Terus kalo tweet pengen diubah bisa ga? Ini dia, saya sering membuat jadwal kebalik-balik. Jadwal sholat subuh jam 4.30 pm harusnya 4.30 am karena am dan pm secara default akan menyeseuaikan pada saat kita membuat tweet berjadwal td. So, harus diperhatikan juga masalah setingan waktunya.

“Gara-gara salah seting waktu itu admin @kabarPML dibilang tweet dari alam akhirat, gubrak!!!”

Kelemahannya ada masbro? Kelemahannya yah itu tweet berjadwalnya di tampilan tidak tertata rapi berdasarkan waktu yang diseting. Kadang pas inget salah bikin tweet dan ingin memperbaiki nyarinya mumet karena tidak semua tampil di layar.

Cukup kan beberapa keterangan di atas? Yuk langsung ke te ka-pe ke cara membuat tweet berjadwalnya. Eits… sabar masbro mbakbri tutorialnya bersambung….

@TweetNgawag

=====

Saya pernah membuat tutorial cara tweet dengan Tweetdeck beberapa waktu lalu, namun seiring berjalannya waktu ternyata Tweetdeck mengalami beberapa kali perubahan menu maupun ikon. Nah, cara tweet berjadwal ini sekaligus mengganti cara tweet yang lalu. Oke dilanjut masbro…

Pastikan teman-teman sudah pada posisi login Tweetdeck. Perhatikan bagian kanan atas cari dan klik ikon seperti gambar di bawah ini.

tweet_001

Akan muncul tampilan untuk tweet

Tweet_002

Ket:

  • Bulatan atas itu menandakan akun twitter kita, jika menggunakan multi akun maka bisa disesuaikan.
  • Kotak, untuk mengetikkan tweet
  • Bulatan bawah, untuk setting waktu kapan tweet akan dimunculkan
  • Kotak biru, itu tombol tweet

Jika setingan waktu diklik maka akan keluar kalender dan jam untuk setingan waktu. Silahkan seting waktu sesuai dengan keinginan kalian. Jika semuanya sudah oke, klik Tweet

Tweet_003

Tweet_004

Maka setingan tweet berjadwal akan masuk kolom Schedule yang beberapa waktu lalu sudah kita buat pada tutorial ini Mengatur Kolom di Tweetdeck. Selamat mencoba yah, terima kasih.

tweet_005

Jangan lupa baca lainnya nih :