Mengatur kolom di tweetdeck gampang caranya. Nah, di sini saya akan menjelaskan bagaimana cara menghapus dan menambahkan kolom di Tweetdeck.

Bagi yang belum ngeh, kolom di sini adalah tampilan yang ingin kita lihat setiap kita membuka tweetdeck (Twitter). Kemon aja lah, let’s gooooo…

Secara default tampilan kolom ketika kita baru saja membuat akun baru di tweetdeck adalah seperti gambar di bawah yang mana berisi, Timeline, Interactions, Messages, Activity (bisa kalian perhatikan sendiri apa yang ditampilkan dalam masing-masing kolom).

Nah, kita akan coba buka dengan tampilan Timeline, Mention, Message, Search dan Schedule (tweet berjadwal). Sebenarnya kolomnya bisa kalian buat semau udele dewek, bebas lah, hehe.

daftar_008

Untuk membuat tampilan seperti di atas maka ada beberapa kolom yang harus dihapus, yaitu: Interactions dan Activity. 

Yuk dihapus terlebih dahulu

Masing-masing kolom memiliki ikon berbeda, untuk menghapusnya dekatkan kursor (mouse) pada ikon-ikon tersebut

kolom_001

Nanti akan berubah menjadi menu Edit, klik dan setelah muncul tampilan baru, klik ikon tong sampah (hapus). Lakukan ini untuk kolom Interactions dan Activity. 

kolom_003

Maka kolom tersebut akan hilang dari tampilan Tweetdeck.

kolom_004

Sekarang giliran menambah dengan kolom yang baru seperti Mention,  Search dan Schedule. Untuk kolom Time Line dan Message sudah ada karena tidak dihapus.

Pada tampilan tweetdeck perhatikan bagian atas sebelah kiri. Cari dan klik menu Add Coloumn (+)

kolom_005

Akan muncul tampilan berikutnya dimana kita akan memilih Mention, Search dan Schedule. Cara ini tidak dapat dilakukan sekaligus melainkan satu per satu.

kolom_006

Untuk Mention dan Schedule caranya sama. Setelah klik pada tampilan di atas cukup dengan klik Add Coloumn maka selesai dan kolom akan otomatis muncul pada tampilan Tweetdeck.

kolom_007

Untuk kolom Seacrh, Setelah klik Search maka kalian akan di arahkan ke kotak Search di sebelah kanan atas. Ketikkan keyword yang akan kalian pantau tweetnya, misalnya “Pemalang“. Meskipun muncul banyak akun seperti gambar di bawah ini, abaikan saja. Setelah ketikkan Pemalang tekan Enter pada keyboard PC/Laptop. 

kolom_008

Berikutnya akan muncul tampilan tweet berdasarkan keyword “Pemalang” dan muncul menu Add Coloumn.

kolom_009

dan Tararam… tampilan akan berubah seperti di bawah ini. Kolom Scheduled tampak kosong karena belum ada tweet berjadwal yang dibuat. Tutorial Tweet Berjadwal dapat temen-temen lihat pada link di bagian bawah. Oke terima kasih

kolom_010

Jangan lupa baca lainnya nih :