Informasi/Undangan

Mulanya agenda untuk seru-seruan di #BloggerBicara tidak masuk daftar di kegiatan Festival TIK 2013. Namun, pada sesi sharing antar komunitas baik Relawan TIK dan Blogger, Bang Karel Anderson yang terkenal sebagai Blogger Ngawur menginformasikan bahwa timnya sudah booking tempat di salah satu sudut di JX International untuk lahan #BloggerBicara tentang komunitas. Ini bukan sesuatu yang memberatkan melainkan bonus plus-plus guys. Percaya sama saya deh kalo acara ini jauh lebih penting dari pada acara ngapel kalian yang monoton tiap minggu,haha.

Hari dan Tempat Acara
#BloggerBicara diadakan Sabtu malam, 25 Mei 2013 pukul 7.00 pm bertempat di Coffe Toffe di area JX International Surabaya. Untuk mengikuti acara ini saya tidak perlu mandi atau dandan ganteng karena selesai acara Festival TIK hari ini saya bantu beres-beres lapak Relawan TIK dan barang-barang. Perlu diketahui juga bahwa ini adalah kali kedua diadakannya #BloggerBicara setelah Bandung.

Panitiane Sopo Wae?

Yang menyelenggarakan kegiatan ini tidak lain dan tidak bukan adalah temen-temen dari BlogDetik plus Forum Blogdetik yang dikomandoi oleh Bang Karel Anderson dan D’Blogger Suroboyo.  Serunya lagi dalah penampakan @GajahPenyet yang wajahnya mirip banget admin Blogdetik, @GajahPesing. Woalah ternyata emang adiknya to, aku tertipu, kirain kembaran ketemu gede. Mungkin blogger lain yang sering kumpul sudah tau hal ini.🙂. Eh iya, acara ini direwangi temen-temen Qwords.com yang membagi-bagi voucher hosting dan Mas Sigit Wido (PANDI) yang gara-gara dipalak sama host acara, Karel Anderson harus membagi-bagi domain my.id setelah uang Rp 100.000 yang diminta host tidak ada di dompet (Cara-cara malaknya sama persis ketika sharing komunitas sebelumnya hanya saja korbannya cuma 1,haha).

Hadiah

Panitiane emang keren, tidak tanggung-tangung, hadiahe uakeh alias banyak seperti Voucher Belanja Carrefour, Voucher Hosting, Powerbank, Paket dari Honda, Domain my.id dan Bingkisan-bingkisan menarik lainnya. Oh iya, satu lagi Acara ini ternyata menawarkan hadiah utama berupa Samsung Galaxy Tab 2.70. Saya sih tidak melihat hadiahnya cuma melirik ajah masbro,haha podo wae.

Partisipan

Iki sing melu sopo wae to? Peserta yang hadir dalam acara ini sangat beragam. Mulai dari temen-temen Relawan TIK maupun personil masing-masing komunitas Blogger terutama Blogger Jawa Timur yang antara lain D’Blogger suroboyo, Blogger Bojonegoro, Bloger Pare Kediri dan komunitas Blogger lainnya. Lebih seru lagi adalah adanya teman-teman yang berasal dari luar Jawa seperti Ternate, Kalimantan, dan Sulawesi. Sayangnya rekan-rekan yang dari Papua sudah pulang lebih dahulu sehari sebelum acara ini berlangsung.

Live Streaming

Kegiatan ini disiarin langsung masbro oleh siapa lagi kalo bukan kameramen #KoplakYoband si @Babeh_helmi yang setia menayangkan secara live kegiatan Festival TIK 2013 mulai Rakernas dan pelaksanaan Festival itu sendiri. Sayange pada saat bersamaan saya tidak sempat sms link URL ke keluarga maupun kerabat dekat bahwa saya masuk siaran langsung di internet. Oh iya ding, di rumah saya di pedalaman Pemalang sana juga ga ada yang make internet. Gapapa minimal ada yang lihat waktu saya tampil meskipun cuma sesaat.

Jalannya Pertandingan eh Jalannya Acara

Panitia mempersiapkan tetek bengek acara mulai dari persiapan tempat, sound system (kata hostnya sih minjem temen-temen yang akan ngadain acara Nonton Bareng Final Liga Champions, lumajan masbro), stand untuk registrasi, hadiah-hadiah. Sempat juga saya membantu mempersiapkan makanan dengan membuka bungkus Sate Ayam dan Lontongnya. Tapi, ternyata tidak ada tempat dan segera diakhiri (ribet mending kasih peserta terus langsung makan, rebes!).

Setelah persiapan dirasa cukup, peserta langsung disodori Sate Ayam dari panitia. Gayung bersambut makanan pun langsung ludes dilalap para peserta. Maklumlah, momennya memang pas, lagi laper berat. Alhamdulillah.

Berikut ini adalahvideo wawancara tim blogdetik kepada beberapa orang yang diminta untuk berpendapat tentang komunitas:

Berikutnya panitia membagi-bagikan secara acak kapsul ajaib yang bertuliskan huruf. Saya dapat kapsul bertuliskan huruf B. Saya pikir ini kali yah kapsul ajaib yang akan membawa keberuntungan saya yang mana tadi hanya melirik hadiah utama berupa Tab 2.70 tetapi bisa memegang barang tersebut, hehe. Rupane opo… ada di cerita kelanjutan bagian bawah=>>>

Yaps, pembagian kapsul berhenti sampai di situ karena host si Blogger Ngawur langsung memerintahkan untuk menyimpan kapsul tersebut dan tidak boleh diutak-atik, titik!!

Bang Karel langsung mengajak peserta untuk membaur tidak membawa nama-nama komunitas mereka berasal. Dengan cepat para peserta diwajibkan:

  1. Membentuk sebuah komunitas baru yang terdiri dari 10 orang
  2. Memberi nama komunitas baru

Saya  Massol, Pak Yossi, Silviana, SlameTux, Stevian, Wishnu, Tedy, Kak Didik, Elsen dan Ryan sepakat menamakan diri dengan Komunitas Mata Hati. Nama ini merupakan usulan dari Pak Yossy yang mana bermakna kurang lebih bahwa Kami adalah komunitas yang melakukan aksi dengan hati. Dan secara aklamasi, Pak Yossy mendapat kepercayaan dari teman-teman sebagai ketua komunitas. Ini kami lakukan dengan cepat, hanya diberi waktu 1 menit oleh host sekaligus moderator, Bang Karel.

Setelah komunitas terbentuk dan Ketua dipilih, berikutnya adalah penentuan yel-yel masing-masing komunitas. Dengan sigap kami langsung menyadur lagu, Jagalah Hati. Berikut petikannya;

Jagalah hati jangan kau kotori

Jagalah hati karena kami Mata Hati

Dalam pembentukan, pemberian nama, pemilihan ketua dan yel-yel ini, komunitas kami, Mata Hati menjadi komunitas paling simple dan ga neko-neko dan mengantarkan kami mendapatkan Voucher Carrefour senilai 1 Juta Rupiah, alhamdulillah.

Selain kami, komunitas lain yang terbentuk antara lain:

  1. Susi Mala yang memiliki arti singkatan daerah asal masing-masing anggotanya yaitu; Surabaya, Sidoarjo, Malang dan Lamongan.
  2. Pecinta Sate, komunitas pecinta sate karena terinspirasi awal acara makan sate dari panitia, gubrak!!!
  3. Tahu Takwa, komunitas pecinta tahu yang bertakwa. Komunitas yang ternyata pada saat sharing problem komunitas memiliki permasalahan paling banyak.
  4. Basa Mami, komunitas yang diambil dari bahasa Sulawesi. Komunitas ini ternyata anggotanya paling aktif pada saat sharing problem komunitas
  5. Detak, Komunitas yang saya lupa kepanjangannya. Owalah #Ngawag. Hmm kayaknya ini deh kepanjangannya, Dedikasi, Edukasi, Teknolog, Aktualiasasi dan Komunikasi.

Setelah 6 komunitas baru terbentuk dengan masing-masing 10 orang anggota, acara inti pun tersaji. Hots sekaligus moderator langsung mengarahkan semua komunitas untuk mengajukan pertanyaan/permasalahan mengenai komunitas itu sendiri dan komunitas  lain diharapkan memberikan tanggapan (semua peserta boleh menanggapi) atau solusi dari permasalahan tersebut.

Beberapa permasalahan yang muncul ke permukaan antara lain:

  • Masalah keseriusan anggota
  • Masalah kehadiran jika membuat acara kumpul atau event-event tertentu
  • Masalah kaderisasi yang tidak berjalan
  • dan masalah-masalah lain yang muncul dalam komunitas.

Serunya adalah antusiasme yang tinggi dari para peserta untuk memberi tanggapan/solusi dari permasalahan-permasalahan komunitas tersebut. Yah sesuai tema kegiatan 100 #BloggerBicara walupun setelah saya hitung-hitung dari 6 komunitas baru tidak ada mencapai 100 orang, hehe. Yang terpenting adalah setiap masalah ada jalan kaluarnya . Menurut pendapat pribadi saya bahwa yang pertama perlu ditanamkan dari masing-masing anggota komunitas adalah tanamkan rasa memiliki tiap anggota bagi setiap anggota komunitas. Dengan rasa memiliki ini niscaya akan ada kesungguhan dan keseriusan menjalankan komunitas dan menyelesaikan masalah-masalah yang ada seiring dengan pendewasaan masing-masing anggota.

Perdebatan seru ketika saling melontarkan pendapat mengenai kepengurusan. Ada yang berpendapat bahwa komunitas ini memerlukan struktur organsiasi dan program kerja yang jelas. Ada pula yang berpendapat cukup koordinator saja. Eyang, ketua Komunitas Susi Mala menambahkan bahwa komunitas merupakan organisasi tanpa bentuk. Anggota akan silih berganti datang dan pergi. Untuk itu pengurus pun cukup Ketua, Sekretaris dan Bendahara saja.

Eits ditengah-tengah acara ada beberapa orang yang terlambat masuk arena dan belum memiliki komunitas. Komunitas Basa Mami sukses merekrut beberapa anggota dan menjadi komunitas dengan anggota terbanyak sampai susah membagi-bagikan hadiah yang didapat, hehe. Kami, Komunitas Mata Hati juga berhasil merekrut sepaket keluarga Mas Sigit Wido dan Dek Didit menjadi anggota.

=====>>

Di akhir acara seperti yang sudah saya ceritakan di atas mengenai kapsul. Host kita mememberikan clue bagi siapa saja yang kapsulnya terdapat salah satu huruf dari kata K-O-M-U-N-I-T-A-S dipersilahkan maju. Saya sebagai pemegang kapsul berhuruf B harus legowo tidak mendapat panggilan itu, huft,hehehe. Kabar bagusnya adalah, hadiah utama Galazy Tab 2.7.0 ditangguhkan untuk pemenang pembuatan Review acara #BloggerBicara ini.

Nah, pemegang kapsul dengan huruf yang saya sebutkan tadi dilakukan Cerdas Cermat untuk memperebutkan hadiah lainnya. Semua pemegang kapsul tersebut mendapatkan hadiah masing-masing domain my.id dari Mas Sigit Wido (PANDI).

Acara selesai namun tidak berarti bubar. Setelah meninggalkan arena peserta justru kumpul kembali di luar. Maklum, ketemu tumplek bleg gini dengan banyak orang dan latar belakang yang berbeda adalah hal yang langka. Untuk itu kami semua tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk sekedar bertukar fikiran, informasi maupun foto bareng.

Pergi ke Surabaya dan pulang kembali ke Bandung membawa segudang cerita itu mengasyikkan dan dapat bonus teman dunia nyata dan dunia maya termasuk nambah Follower.

Harapan saya acara keren seperti ini lebih sering-sering lagi diadakan untuk membuka dan memperkaya wawasan terutama bagi kami-kami ini yang selama ini jarang ngomong di depan publik. Spesial lagi kalo host dan moderatornya si Blogger Ngawur yang ganteng itu (biar dapat credit point,hehe), siap-siap sakit perut dah.

Thanks buat rekan-rekan Relawan TIK, rekan-rekan Blogger, Blogdetik dan pendukung acara lainya. Satu kalimat, “Tetap semangat!!!”

foto-foto bisa dilihat di sini masbro

 

Artikel Lainnya: