Datang Terlambat 

Festival TIK 2013 kali ini saya tidak terlibat banyak, iyalah tahun lalu juga tidak, gubrak!! Yaps, seyogyanya rekan-rekan Relawan TIK harus hadir di Surabaya untuk melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dilaksanakan di Hotel Oval, Surabaya. Rakernas tersebut dilaksanakan 21-22 Mei 2013.

Rakernas so pasti kelewatan dan saya pun melewatkan rangkaian acara tour Jawa Timur bareng rekan-rekan Relawan. Itu dikarenakan saya berangkat ke Surabaya jam 9.15 am tanggal 23 Mei 2013 dengan menggunakan Kereta Api Argo Wilis seorang diri. Kali pertama ke Surabaya dengan Kereta Api. Kali kedua saya ke Surabaya setelah bulan April lalu.

Beruntungnya saya mantengin TL Twitter dari rekan-rekan relawan dan dengan mendapatkan channel #KoplakYoband.com yang menayangkan live streaming jalannya Rakernas. Matur suwun kanggo @Babeh_Helmi.

Sampai Lokasi Rumah Singgah 

Sesampai di Stasiun Gubeng pukul 10.00 pm saya langsung tancap gas ke Rumah Singgah di Hotel Cemara Jl. A. Yani Surabaya numpang tukang ojek. Sesampai di sana ternyata rekan-rekan relawan yang hampir semua tidak saya kenal, weks, sedang meeting atau sharing tentang Relawan TIK dan persiapan kegiatan Festival untuk besok. Jreng… ternyata mata saya mentereng melihat rekan-rekan relawan yang beraneka ragam. Tidak cuma asal, kali ini relawan dari kaum hawa pun ternyata banyak. Tambah semangat pokoke (modus-modus ternyata sudah muncul sejak Rakernas, gubrak!!).

Festival TIK 2013 (2)

Di sela-sela acara saya diperkenalkan oleh om Eri (Fajar Eridianto), “Teman-teman perkenalkan, ini Massol Admin web kita”.  Saya kira mau disidak, eh ternyata cuma diperkenalkan saja. Slamet…slamet…

Besoknya Festival TIK Dimulai (24 Mei 2013)

Bangun pagi lompat sebentar menghadap-Nya lanjut mandi dan online. Yaps, acara dimulai jam 10.00 am. Sembari menunggu jatah sarapan datang, saya online with lengtop, maklum ga make gadget jd terpaksa bawa-bawa lengtop cuma untuk online sembari menunggu yang lain pada bangkit dari mimpi-mimpi indah masing-masing.

Jam 10 pagi kurang, kami semua sudah dandan ganteng dan cantik-cantik masbro dan siap memeriahkan Festival TIK 2013 kali ini. Berhubung lokasi acara dekat kurang dari 1km kami berjalan kaki. Sekalian olah raga buat bakar lemak,hehe.

Setelah sampai te-ka-pe atau di JX International rekan-rekan relawan malukan Registrasi sebagai syarat mengikuti rangkaian kegiatan Festival TIK 2013. Canggih men, puluhan laptop dengan tampilan register sudah disiapkan panitia. Selesai register langsung print tiket. Tidak make manual-manualan lagi dengan nulis tangan, hehe.

Festival TIK 2013 (20)

Masuk arena Festival, sebagian mengambil tempat dan mempersiapkan stand Kemkominfo dan Relawan TIK. Rekan-rekan lain mengambil posisi untuk mengikuti talkshow pertama yang mengusung tema “Pemanfaatan TIK dalam Pembentukan Keluarga Berkarakter” oleh Mas Rudi Cahyono dari IDBercerita. Saya kebagian tugas jadi tukang #photo masbro. Lihat nih kamera yang saya pegang, lensane panjang iki, mantaf!!!. Sayange saya belum bisa menggunakannya secara optimal, tapi paling tidak saya bisa njepret gambar-gambar yang oke objeknya, contohnya yang cakep-cakep, ups. Ngambil gambar gambar dari jarak jauh men biar dapat yang bening-bening, gubrak!!!

Massol_01

Festival TIK 2013 (34)

Selesai Talkshow pertama, kegiatan dihentikan sejenak untuk rehat Sholat Jumat. Setelah sholat jumat dan makan siang, kegiatan kembali dilanjutkan dengan pembukaan Festival TIK 2013 yang dibuka langsung oleh Bapak Rasito perwakilan Gubernur Jawa Timur, Bapak Henry Subiakto Staf Ahli Menteri Kemkominfo, Perwakilan Kadin dan Tamu undangan lainnya.

Oiya, dalam Festival TIK kali ini juga ada pameran produk kreatif dan produk TIK lainnya loh.

Festival TIK 2013 (13)

Setelah dibuka, rangkaian acara dilanjutkan dengan berbagai talkshow dan workshop yang dilaksanakan di 2 kelas berbeda. Selesai acara balik ke Rumah Singgah di Hotel Cemara. Lanjut mandi-mandi ibadah dan makan malam terus sharing Komunitas. Kali ini tidak hanya rekan-rekan Relawan saja tetapi juga hadir rekan-rekan dari komunitas Blogger di Jawa Timur seperti Plat M dan Blogger Bojonegoro. Hadir pula di sana Mas @DonnyBU (ICT Watch) , Mas Rendy (Qwords.com) yang berbagi cerita mengenai Komunitas.

Dan Jreng…jreng… ga rame kalo ga ada si Blogger Ngawur, Bang Karel Anderson. Setelah mengambil alih acara dari Om Eri (Fajar Eridianto) Bang Karel mengundang kepada kami semua untuk turut serta dalam kegiatan #BloggerBicara yang akan dilaksanakan esok malam (Malam Minggu).

Tak ketinggalan, sebelum acara berakhir, Teman-teman dari Qwords.com memberikan Voucher Hosting. Dan ternyata hadiah bertambah setelah pembaca acara memalak mas DonnyBu, Mas Rendy, Mas @Nopy_pr (RTIK Jatim), @GajahPesing dan Om Eri. Lumayan nambah ratusan ribu.

Pagelaran Wayang Kulit

Dalam Festival TIK kali ini juga dimeriahkan dengan adanya pagelaran wayang kulit dengan dalang mas Bambang Asmoro dari Kemkominfo dan Dalang Surono. Sebelum acara bagi-bagi hadiah (di atas) selesai, saya dan beberapa Relawan ke JX International untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit tersebut. Ternyata, masyarakat Jawa Timur sangat berantusias untuk menyaksikan pageralan ini. Kirain sepi, ternyata ruame masbro. Berhubung mata tak lagi kompromi, sebelum pageralan selesai saya dan beberap rekan Relawan balik ke Rumah Singgah untuk istirahat.

Festival TIK 2013 (5)

Hari Kedua Festival TIK 2013 (25 Mei 2013)

Kukuruyuk, jegger pagi-pagi bangun dan seperti hari sebelumnya. Sembari sarapan saya ikutan online menggunakan internet gratis dari yang disediakan Hotel Cemara. Seperti hari sebelumnya saya dan rekan-rekan lainnya masuk ke JX International sebelum jam 10.00 am dan menyebar mengikuti rangkaian acara. Ada yang mengikuti Talkshow yang hari ini kedatangan Kang Onno W. Pubro dengan Open BTSnya dan Pak Numan dengan Pemanfaatan Social Media untuk UKM. Di ruang kelas juga ada rangkaian kegiatan Workshop yang tentunya menarik untuk diikuti. Saya, moto-moto dan sempatkan untuk mengikuti Workshop.

Sore menjelang malam, ikutan #BloggerBicara bareng Blogdetik. Kegiatan ini sudah saya ceritakan panjang lebar di artikel sebelumnya. silahkan klik Saatnya #BloggerBicara.

Blogger Bicara (7)

Malam Minggu gak ngapel sudah biasa. Malam minggu gabung ke acara #Bloggerbicara itu luar biasa.

Point-pointnya antara lain:

  • Mendapat wawasan baru tentang kegiatan dan metode-metode rekan-rekan Relawan TIK di daerah lain
  • Mendapat teman baru so pasti lah, gak cuma rekan-rekan sesama Relawan melainkan rekan-rekan Blogger khususnya yang ada di Jawa Timur seperti Plat M, D’Blogger Suroboyo, Blogger Bojonegoro, Pare Kediri dan komunitas blogger lainnya
  • Banyak follower baru, penting yah, hehehe
  • Dapat sebutan mirip baru, mirip Joe Taslim kata mbak @TiwwiDY padahal sudah banyak yang mengatakan saya ini mirip Duta Sheila On 7, yeeeeeeeee

Hari Ketiga kami harus pulang…

Ga usah heran kalo isi dan judul ora nyambung. Matur suwun Surabaya.

Sumber Foto : Relawan TIK

Dibuang sayang boleh dilihat di sini yah

Artikel Lainnya: