This slideshow requires JavaScript.

Jika temen-temen seumuran dengan saya atau setingkat lebih tua dari saya (sadar diri sudah makin tua) saya yakin akan ingat dengan serial TV berjudul “Keluarga Cemara”. Serial yang mengisahkan sehari-hari sebuah keluarga sederhana yang dihuni Abah, Emak, Teh Euis, Ara dan 1 lagi saya lupa namanya. Pokoknya putrinya ada 3.

Cerita di atas intro saja meski sebenarnya tidak begitu nyambung dengan Keluarga Cemara Surabaya yang saya maksud dalam judul. Keluarga Cemara Surabaya ini adalah keluarga yang lahir dari kegiatan Festival TIK 2013 di Surabaya. Nama Cemara diambil dari tempat dimana kami Relawan TIK dan temen-temen Blogger menginap dan berdiskusi setiap malamnya sebelum tidur. Kebersamaan inilah yang mengikat kami secara batin dan membuat grup facebook yang awalnya diberi nama Munas Relawan TIK Surabaya menjadi Keluarga Cemara Surabaya.

Keluarga Cemara Surabaya ini terdiri dari rekan-rekan Relawan TIK dari berbagai daerah di Indonesia, teman-teman blogger yang hadir dalam Festival TIK 2013 khususnya blogger-blogger di seputaran Surabaya seperti D’Blogger Suroboyo, Blogger Bojonegoro, BloggerPare Kediri, Blogger dari Sidoarjo, Malang dan lainnya.

Oh iya hampir lupa, Inisiator Keluarga Cemara Surabaya adalah Bang Andi Muhammad Islamudin alias Bang Illank dari Makassar. Sementara nama Keluarga Cemara pertama kali tercetus oleh mas Rusdi Saleh. Semoga dengan adanya wadah Keluarga Cemara Surabaya ini tali silaturahmi dan persaudaraan teman-teman semakin erat meski sudah kembali ke asal masing-masing.

Yang saya ceritakan di sini adalah sisi lain dari kegiatan Festival TIK 2013 yang tentunya dengan kegiatan tersebut rekan-rekan selain mendapatkan banyak teman baru adalah semakin bertambah pula wawasan dan ilmu yang diperoleh dari kegiatan Festival TIK 2013.

Terima kasih buat teman-teman semua, Kemkominfo, Pemprov Jawa timur, Kadin Jawa Timur dan pendukung acara lainnya. Salam hangat dari Bandung

@MassolPanjava