Berjibunnya email yang masuk terkadang menyusahkan kita terutama saat pencarian email-email lama. Meskipun ada menu searching tetap saja masih agak ribet karena filternya agak umum. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya teman-teman dapat menggunakan fasilitas folder dan filter email. Gambarannya adalah email akan filter otomatis dan akan mengirimkannya ke folder yang sudah kita sediakan. Sayangnya, pembuatan filter otomatis yang saya coba gagal alias tidak bekerja. Nah, saya ada solusi lain nih masbro/mbak bro. Caranya adalah memfilter manual dan memasukkannya ke dalam folder yang kita buat.

Oh iya guna dari folder ini adalah untuk mengelompokkan email-email tertentu yang kita kehendaki. Anggap saja seperti folder di komputer kalian. Misalnya, email-email dari rekan-rekan sekantor, email news letter dari salah satu website tertentu, email klien atau email-email verifikasi website-website yang mana kalian membuat akun di sana.

Kira-kira bentuk foldernya seperti ini masbro/mbak bro

Email-1

Keterangan: 00 Hosting, 00 My Eight Store, Aplikasi Senayan, Belanja Online, BSI_Kuliah adalah contoh folder-folder dalam email yahoo yang saya buat.

Oke guys langsung ke tekape saja. Seperti biasa kita samakan persepsi terlebih dahulu yah.

Email yang akan saya gunakan dalam praktek kali ini adalah Email Yahoo (Mail Yahoo)

Posisi saat ini pastikan sudah login dan email kalian sudah banyak yang masuk

Menggunakan Email berbahasa Inggris, Yang Berbahasa Indonesia dikira-kira saja ga jauh beda kok posisi menunya

Wuzzzzzzzzzzzzzzzzzzz

Pada saat membuka email (tampilan inbox) perhatikan bagian sebelah kiri ada inbox, Drafts, Sent nah kebawah dikit ada Tulisan FOLDERS, kanan dikit ada tanda plus (+). Klik tanda plus tersebut. Ini kita adalah langkah membuat folder di email.

Email-2

Setelah muncuk tampilan seperti di bawah ini, beri nama folder yang kita buat lalu klik OK.

Email-3

Setelah itu cek di bawah menu Inbox, Drafts, Sent dll. Akan tampak folder yang kita buat. Dalam contoh ini saya memberi nama Penting Banget.

Email-4

Setelah folder terbuat, langkah berikutnya adalah memfilter email yang akan kita kelompokkan ke dalam Folder Penting Banget yang telah dibuat. Dalam tutorial ini saya akan mengelompokkan email News Letter dari Bhinneka.com. Di bagian email yang masuk (inbox) silahkan cari salah satu email yang subjectnya akan kita kelompokkan (filter) dalam contoh ini Subjeknya Bhinneka.com. Arahkan kurson ke bagian Subjek maka akan muncul gambar search (seperti Lup). Silahkan klik gambar tersebut.

Email-5

Email dengan Subjek Sama akan tersortir.

Email-6

Di bagian kiri Tulisan SORT BY DATE ada kotak kecil. Klik kotak kecil tersebut untuk select semua email dengan Subjek sama tersebut.

Email-7

Di atas email-email tadi ada menu Move, Klik Move lalu pilih folder yang sudah dibuat di awal, Penting Banget.

Email-8

Email akan masuk ke folder Penting Banget seperti tampilan berikut ini.

Email-9 Email-10

Gitu aja sih, gampang kan?

 

Artikel Lainnya:

Memasang Status Yahoo Messenger di Blog

Merubah Tampilan Email Yahoo

Menambahkan Signature (Tanda Tangan) Pada Email

Cara Mengirim Email di Yahoo

Membuat Email di Yahoo

Membuat Email Extra di Yahoo