Membayar telepon, membayar rekening listrik, membeli buku, membeli pulsa prabayar, bayar uang kuliah dan beragam transaksi lainnya sekarang dapat dilakukan dari balik layar komputer atau layar telepon genggam kalian. Tak pernah terbayangkan sebelumnya kejadiannya bakal seperti ini, semakin mudah. Awal masuk kuliah tahun 2006 (emang saya pernah kuliah yah? hehe) itulah awal saya melakukan pembayaran online. Itupun masih harus datang ke ATM terdekat. Di Jaman itu kampus tempat saya kuliah sudah menggunakan fasilitas pembayaran online via ATM dengan 8 bank berbeda, wih mantap yah. Tentu ini memudahkan bagi kita yang bisa jadi sedang jauh dari area kampus, misalnya sedang mudik untuk tetap bayar biaya kuliah sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Fasilitas seperti inilah yang akhirnya digunakan oleh hampir semua kampus di era sekarang ini.

Bergeser dari ATM sekarang ada fasilitas lebih mudah lagi. Cukup duduk manis di depan laptop/ponsel kita dapat melakukan banyak transaksi. Yap, Internet Banking. Jaman sekarang bank mana sih yang tidak menggunakan layanan ini? Bila masih ada berarti teknologinya agak ketinggalan jaman.

Terus, agar kita bisa menggunakan layanan yang canggih ini gimana caranya? Pertama, kita harus buka rekening terlebih dahulu ke salah satu bank, misalnya Bank Mandiri. Kedua, lakukan registrasi sekaligus aktivasi. Ketiga, jangan lupa mengajukan Token Ring atau semacam alat bantu untuk mengirimkan kode tertentu sebagai syarat melakukan transaksi.

Kabar Pemalang

Berdasarkan pengalaman saya dan kembali ngublek-ublek situs Bank Mandiri, begini cara registrasinya.

Syarat Pendaftaran:

  1. Memiliki rekening tabungan, giro rupiah dan atau mata uang lainnya (sebagai rekening berikutnya bukan rekening utama).
  2. Untuk pendaftaran di ATM, harus memiliki kartu Mandiri Debit sedangkan untuk pendaftaran di cabang harus menunjukkan bukti identitas diri (KTP, SIM, Passport, KIMS) dan bukti kepemilikan rekening (buku tabungan, kartu Mandiri Debit)

Langkah Pendaftaran:

Langkah 1 : Lakukan pendaftaran Mandiri Internet

Lakukan pendaftaran dengan salah satu cara dibawah ini, untuk mendapatkan nomor Access ID dan Access Code :

Datang ke Mandiri ATM

Masuk ke menu utama dan pilih registrasi e-banking serta ikuti petunjuk yang ada di layar ATM untuk membuat Access Code. Sedangkan untuk nomor Access ID gunakan 16 digit nomor kartu Mandiri Debit Anda. ( baca : cara registrasi di mesin ATM ) Jangan Lupa setelah melakukan registrasi melalui Mandiri ATM, segera dapatkan Token di cabang Bank Mandiri dengan mengisi formulir aplikasi Penggunaan Token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token.

Atau Datang ke Cabang Bank Mandiri

Isi formulir aplikasi pendaftaran eBanking (Mandiri Internet yang ada di cabang (atau download disini) , selanjutnya bank akan mengirim Access ID ke alamat e-mail Anda dan Access Code harus Anda ambil kembali di cabang tersebut beberapa hari setelah pendaftaran ( Access Code diserahkan dalam amplop tertutup ). Serta dapatkan Token dengan mengisi formulir aplikasi enggunaan Token serta ikuti buku petunjuk penggunaan yang terdapat di dalam box Token.

Langkah 2 : Lakukan Aktivasi Mandiri Internet dan Token

Aktivasi
  • Klik tombol aktivasi pada situs www.bankmandiri.co.id, dan masukkan/input Access ID danAccess Code yang diperoleh dari bank setelah Anda melakukan registrasi di ATM atau cabang Bank Mandiri.
  • Selanjutnya buat sendiri User IDdan PIN Internet Banking Mandiri Anda untuk bisa log-in kedalam layanan Internet Banking Mandiri
Aktivasi

Link terkait Internet Banking Mandiri

Sumber: Bank Mandiri

Artikel Lainnya:

Artikel Blog: 

  1. Daftar/Buat Blog dengan Blogspot
  2. Mengenal Menu-Menu di Blogspot
  3. Posting Artikel di Blogspot
  4. Membuat Page/Halaman di Blogspot
  5. Membuat Blogroll di Blogspot
  6. Mengganti Tema/Template di Blogspot
  7. Memasang Widget Twitter di Blogspot
  8. Memasang Adsense di Blogspot
  9. Membaca Statistik di Blogspot
  10. Mengelola Komentar di Blogspot
  11. Memasang Banner di Blogspot
  12. Cara Sharing Otomatis di Blogspot