Kemarin saya sudah share tentang registrasi internet banking Mandiri, nah sekarang saya kan bagi tutorial tentang bertransaksi di Internet banking. Transaksi yang paling sering saya gunakan adalah untuk transfer, bayar kuliah dan beli pulsa. Dalam tutorial kali ini saya akan share bagaimana cara beli pulsa via internet banking.

Oh iya, setelah berhasil registrasi dan aktivasi Internet Banking, kita juga musti datang ke Bank Mandiri untuk mengajukan Token. Datang ke Customer Service dan mengisi formulir dengan menyerahkan KTP dan Buku Rekening. Setelah itu CS akan memberikan Token dan mengajarkan kita bagaimana bertransaksi menggunakan alat tersebut. 

Kembali ke Laptop.

Langsung saja yah.

Syarat: menggunakan koneksi internet yang baik

mandiri_1

  • Selanjutnya kita akan diminta untuk login. Isikan user ID dan PIN/password yang kita buat saat registrasi lalu klik Kirim.

mandiri_3

  • Setelah berhasil login, lihat di layar bagian kiri. Di sana ada daftar menu yang dapat kita lihat satu-persatu. Silahkan pilih Beli>Pulsa Telepon/HP.

mandiri_4

  • Berikutnya secara default posisi menu di Tabungan/Giro. Pada kotak Dari Rekening, silahkan klik tanda panah dan pilih no. rekening kita. Pada daftar Penyedia silahkan pilih salah satu dari operator yang akan kita beli pulsanya. Pada kotak berikutnya silahkan isi dengan nomor HP menggunakan angka 0 bukan +62, contoh 0834xxxxx. Centang Simpan di Daftar Simpanan bila kelak akan sering menggunakan transaksi yang sama atau abaikan jika tidak menginginkannya.
  • Jika kita pilih menu Dari Daftar Pembelian, artinya ini adalah kali ke sekian melakukan transaksi dengan pola yang sama. Daftarnya muncul bila transaksi sebelumnya kita men-centang pilihan Simpan di Daftar Simpanan. Jika Sudah klik Lanjutkan.

mandiri_5

  • Langkah berikutnya adalah penggunaan Token. Berhubung kamera sedang tidak ada baterai maka saya comot gambar token dari http://www.jiprak.com. Perhatikan dengan seksama bagian Challenge Code.

mandiri_6

  • Aktifkan Token dengan menekan tombol merah. Selanjutnya masukkan PIN Token 6 digit. Setelah keluar tampilan Apply klik pada token angka sesuai yang ada di web misalnya, angka 1 (pada gambar di atas berwarna merah).

token mandiri

  • Selanjutnya masukkan Challenge code (8 Dogit) contoh di atas adalah 80264679. Langkah selanjutnya tekan agak lama tombol merah pada Token hingga keluar 6 digit angka. 6 digit angka tersebut ketikkan di kotak tepat di bawah angka Challenge code dan akan terdeteksi titik-tik (……). Klik Kirim jika semua data sudah dirasa cukup sesuai. Jika berhasil akan ada notifikasi seperti di bawah ini. Silahkan klik menu cetak atau Simpan untuk dokumentasi siapa tahu sewaktu-waktu dibutuhkan. Saya sendiri biasanya klik menu Cetak dan menyimpannya dalam bentuk PDF (catatan: harus sudah terinstal software pdf creator).  Mudah bukan? Oke terima kasih buat atensinya.

mandiri_7

sumber: pengalaman pribadi

sumber gambar: capture sendiri