Ubuntu/BlankOn menyediakan dukungan untuk melakukan pencetakan melalui media jaringan dari komputer dengan basis Ubuntu/BlankOn maupun dari komputer dengan Windows yang terhubung dengan printer. Untuk melakukan pengaturan sharing printer, panduan di bawah ini mungkin akan membantu anda.Ubuntu / BlankOn Server Print

1. Lakukan pengaturan terhadap Ubuntu/BlankOn server print. Ubuntu/BlankOn server print adalah komputer yang terhubung langsung dengan printer. Terlebih dahulu printer harus bisa berfungsi dengan baik pada Ubuntu/BlankOn server print. Untuk panduan mengenai printer terdahulu dapat dilihat dari link ini. Pada Ubuntu/BlankOn server print, buka System → Administration → Printing, ini akan membuka kotak dialog Printer Configuration.

2. Centang pada kotak kedua, seperti pada gambar di bawah ini.

3. Klik Ok, kemudian klik kanan pada printer dan pilih menu Shared jika belum tercentang.

Melakukan pencetakan dari Ubuntu/BlankOn

1. Pada komputer klien, yaitu komputer yang akan digunakan untuk melakukan pencetakan lewat jaringan, pilih menu System → Administration → Printing

2. Klik Add, kemudian akan muncul kotak dialog New Printer. Pada sisi sebelah kiri, klik pada pilihan menu Find Network Printer. Isikan alamat ip Ubuntu/BlankOn print server pada isian yang telah disediakan. Apabila belum mengetahui cara untuk mengetahui alamat ip, dapat diilihat melalui panduan berikut ini. Setelah diisi dengan ip server print, kemudian klik Find. Apabila pengaturan berhasil, maka daftar printer yang bisa digunakan akan muncul. Langkah selanjutnya adalah klik Forward.

3. Anda mungkin akan melihat sebuah kotak dialog untuk memasang driver printer. Jika printer terdapat pada list model, tinggal pilih printer tersebut dalam daftar yang tersedia. Berikut merupakan panduan untuk memasang driver printer yang belum terdapat pada Ubuntu/BlankOn.

4. Ikuti langkahnya dan klik Finish. Mungkin anda harus mencetak Test Page untuk memastikan bahwa sharing printer telah berhasil.