Dikutip dari WikipediaWeb Banner atau Banner Ads adalah bentuk media iklan / periklanan yang dipakai di jaringan Internet sebagai Media Promosi Online. Bentuk iklan ini biasanya merupakan bagian dari suatu halaman web yang dipakai untuk menarik perhatian penjelajah (visitor) supaya mengunjungi situs web yang dimaksud.

Banner ini biasanya dibuat menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG,Flash), skrip Java, dan objek multimedia lainnya. Web Banner bahkan sudah disertai suara dan animasi sehingga terlihat lebih menarik. Ada berbagai ukuran yang dipakai, mulai dari yang sangat kecil, melebar, memanjang, hingga yang melintang.

Pada suatu halaman web, banner bisa diletakkan di mana saja. Semakin strategis letaknya biasanya tarifnya semakin mahal. Ukurannya pun bermacam-macam. Google Adsense sebagai salah satu penerbit banner yang sudah memiliki ukuran tertentu yang dapat dipasang ke sebuah blog atau website tertentu.

Nampaknya saya sudah ngecaplak ndak jelas di atas. Dari pada bertele-tele nih nih saya perkenalkan sebuah software yang dapat kalian gunakan untuk membuat sebuah banner yang menarik, bisa berubah tampilan, atau bisa membuat banner dengan tulisan bergerak. Dan asyiknya lagi, banner yang dihasilkan dalam format gambar berbentuk GIF yang berukuran kecil dan ringan untuk loadnya.

Siapkan mesin pencari kalian, tararaaaamm…. Softwarenya adalah Easy GIF Animator…

sebelum saya menjelaskan lebih lanjut, monggo disruput teh atau kopine….

Artikel bersambung…

Sample :

============

============

Untuk melihat contohnya silahkan kunjungi web http://www.kabarpemalang.com/

Sambungan ditulis 30 Oktober 2013 

Oke manteman saya lanjutkan tutorial membuat banner menarik berformat Gif ini yah.

Seperti tutorial-tutorial saya sebelumnya bahwa kita perlu menyamakan persepsi terlebih dahulu biar selaras pada saat mengikuti tutorial dari saya ini. Yuk simak beberapa poin berikut ini:

  1. Menggunakan Sistem Operasi Windows terserah mau XP, Win 7 atau Win 8 (saya menggunakan Win 7)
  2. Aplikasi yang digunakan untuk membuat banner adalah Easy Gif Animator. Silahkan download di sini dan install aplikasinya. (Aplikasinya berbayar tetapi kita dapat menggunakan versi trialnya)
  3. **Siapkan 3 file gambar banner yang akan digunakan berukuran sama, misalnya 300x200px. Untuk membuat banner ini kalian dapat menggunakan Photoshop atau aplikasi grafis lainnya. (3 file ini nanti yang akan digunakan untuk banner dengan gambar berubah-ubah. jika lebih juga bisa, sesuaikan saja dengan kebutuhan). misal: fanpage_1,fanpage_2, fanpage_3. 

Jika 3 hal di atas kalian sudah penuhi, yuk langsung eksekusi dengan membuka aplikasinya.

Bukalah software atau aplikasi Easy Gif Animator nya. Tampilan akan tampak seperti gambar di bawah ini. Di sini ada 3 pilihan yang dapat kalian gunakan antara lain :

  • Create New Animation (untuk membuat animasi gambar/banner yang tampak seperti slideshow)
  • Create Animated Banner (untuk membuat banner, di sini kita dapat membuat banner dengan text berjalan atau bertransformasi)
  • Create Animated Button (untuk membuat button animasi)

dari 3 pilihan di atas, yang akan saya bagi dalam tutorial ini adalah pilihan pertama, Create New Animation. Untuk 2 pilihan lainnya skip dulu atau mungkin nanti bisa kalian praktekan sendiri yah. Sip.

gif_1

Setelah milih Create New Animation, berikutnya kita buka dulu 3 file gambar yang tadi sudah kita siapkan pada saat persiapan (tulisan merah dari 3 poin di atas**). Silahkan klik Add Image.

gif_2

Silahkan masuk ke folder dimana 3 file gambar yang sudah disiapkan tadi disimpan (fanpage_1,fanpage_2, fanpage_3. ). Ketika 3 file tersebut sudah dipilih, klik Open.

gif_3

Gambar di bawah ini menunjukkan bahwa 3 file tersebut sudah terseleksi. Selanjutnya klik Next.

gif_4

Pada tahap ini, silahkan pilih Yes, play the animation Infinitely agar perubahan gambar yang sudah dibuat nantinya dapat berjalan terus menerus. Jika kalian pilih Play the animation, gambar hanya berubah sebanyak 1 atau berdasarkan angka yang kalian masukkan pada time(s).

Untuk Kotak di bawah, secara default akan terisi angka 50 artinya, perubahan gambar terjadi per 0.5 detik. Agar perubahan gambar tidak terlalu cepat kalian bisa menggunakan angka 200 atau sesuaikan dengan keinginan kalian.  Selah 2 langkah tersebut dilakukan silahkan klik Next.

gif_5

Langkah selanjutnya menentukan posisi gambar. Sebaiknya pilih Center in the frame lalu klik Next.

gif_6

Tahap berikutnya klik Finish.

gif_7

Tararam, sebenarnya pada tahap ini cukup klik Save saja banner sudah jadi, namun untuk memperindah banner kita gunakan tranaslation biar perubahannya tampak lebih keren.

Di bagian kiri terlihat 3 gambar yang akan berubah per 2 detik. Untuk menambah translation silahkan klik Create Image Effect. Nantinya lakukan untuk 2 gambar lainnya juga. Pada halaman utama adalah area kerja atau lebih cocok disebut Imge Preview karena hasil yang kita buat dapat dilihat pada area tersebut.

gif_8

Ada beberapa pilihan efek translation Silahkan piliha salah satu. Di situ kalian dapat melihat langsung previewnya kok. Yang paling sering saya gunakan adalah Fade. Perubahannya sangat sederhana. Seletah kalian memilih salah satu dari pilihan-pilihan tersebut silahkan klik OK.

gif_9

Pada bagian sebelah kiri akan bertambah dengan seperti tampak gambar di bawah ini ada gambar dengan keternagan 0.144 sec. Itu adalah gambar yang menunjukkan proses perubahan ke gambar kedua. Berikutnya silahkan pilih gambar kedua atau fanpage_2 dan fanpage_3. Lakukan seperti ketika memberi efek translation pada gambar pertama (fanpage_1). Untuk melihat hasil yang kita buat silahkan klik menu Play yang dilingkari warna merah. Jika merasa sudah cukup, simpan dengan klik menu Save.

gif_10

Silahkan beri nama, misal banner_fanpage300x50 lalu klik Save.

gif_11

Dengan demikian proses pembuatan bannernya telah selesai. Untuk melihat sample contohnya silahkan klik di sini.

Terima kasiiih.

@MassolPanjava

aca82-banner_250x250