Kemudahan dalam bertransaksi online beberapa waktu lalu sudah beberapa kali saya sampaikan dalam beberapa tutorial sebelumnya. Saya juga sudah pernah share bagaimana membeli pulsa via internet banking. Bagi kalian, yang super sibuk dan tidak sempat pergi kemana-kemana atau yang ingin hemat waktu dan tenaga, transaksi online dalah pilihan yang tepat.

Pada tutorial kali ini saya akan coba membagi cara membeli tiket kereta api via online. Layanan yang akan saya gunakan di sini adalah menggunakan fasilitas website PT. KAI di kereta-api.co.id dan menggunakan Internet Banking Mandiri. Jika kalian menggunakan layanan internet bank lainnya silahkan menyesuaikan saja.

Hal yang perlu digarisbawahi atau ditulis tebal adalah Kode Transaksi pembelian tiket kereta api. Kenapa? Karena Kode Tersebutlah pemersatu, halah. Maksudnya sebagai Primary Key yang dibaca oleh layanan Internet Banking Mandiri. Catet, Kode Transaksi yah aja kelalen loh.

Oke dari uraian saya di atas yang perlu diingat dan dicatat baik-baik agar tidak menyimpang atau tetap selaras dengan tutorial saya ini adalah sebagai berikut:

  • Gunakan tampilan website kerea-api.co.id
  • Gunakan layanan Internet Banking Mandiri
  • Catet Kode Transaksi pembelian tiket kereta api

Pertama-tama kita melakukan pemesanan tiket melalui situs kereta-api.co.id

Buka browser dan ketikkan URL kereta-api.co.id

tiket kereta_1

Klik menu Reservasi Tiket

tiket kereta_2

Silahkan pilih tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, pilih kategori dan jumlah tiket lalu klik Tampilkan.

tiket kereta_3

Sistem akan menampilkan daftar jadwal kereta dan kelas yang dapat dibooking. Jika masih tersedia maka menu booking akan aktif, namun jika tidak tersedia menu tersebut akan hilang. Untuk pesan tiket pilih salah satu lalu klik menu Booking.

tiket kereta_4

Layar akan menampilkan informasi pemesanan. Silahkan centang (V) opsi Syarat dan Ketentuan dan klik Selanjutnya.

tiket kereta_5

Langkah berikutnya isilah form sesuai data diri Anda, mulai Nama, No Identitas, Nama, email, No. Telp dan Alamat pemesan. Jangan lupa isi Kode Keamanan (Captcha) dan klik Selanjutnya.

tiket kereta_6

Akan muncul validasi seperti gambar di bawah ini. Klik Oke saja.

tiket kereta_7

Pada tampilan berikutnya silahkan piliha mode pembayaran. Pilih opsi ATM saja lalu klik Selanjutnya.

tiket kereta_8

Setelah itu akan muncul tampilan detail pemesanan tiket termasuk KODE PEMBELIAN. Kode tersebutlah yang akan digunakan ketika membayar melalui ATM maupun Internet Banking.

tiket kereta_9

tiket kereta_10

(artikel naik dulu yah… gambar dan transaksi melalui internet bankingnya bentar lg, saya mau edit dulu gambar2nya 2 Desember 2013 jam 3:34 pm)

<!– Update jam 4:14 pm –>

Nah, setelah kita melakukan pemesanan tiket kereta via online tadi, selanjutnya kita bayar melalui Internet Banking Mandiri.

Silahkan buka halaman web Bank Mandiri http://www.bankmandiri.co.id (dianggap sudah faham)

Lakukan login dengan memasukkan username dan password (dianggap sudah faham)

Setelah itu perhatikan daftar menu di sebelah kiri halaman web, Pilih menu Beli>Tiket.

Pilih terlebih dahulu Rekening, lalu pilih pada menu Dropdown dan pilih PT. Kereta Api. Pada kotak terakhir Kode Pembayaran silahkan isikan dengan Kode Transaksi pemesanan tiket lalu klik Lanjutkan.

sKereta_1

skereta_2

Selanjutkan ambil Tokennya lalu masukkan PIN ****** (PIN Anda)

skereta_3

Setelah memasukkan pin ketik angka 1 (sesuai Metode APPLI 1)

Lalu masukkan Chalange Code. Tekan agak lama tombol panah berwarna merah hingga menghasilkan 6 digit angka).

Masukkan 6 Digit Angka tersebut pada kotak Konfirmasi lalu klik Kirim

Jika transaksi berhasil akan ada notifikasi berhasil dan konfirmasi via email yang tadi diisikan ke formulir pada saat pemesanan tiket.

Simpan bukti transaksi tersebut untuk ditukarkan kepada petugas di stasiun ketika Anda hendak berangkat. Mudah kan?

Note: Situs resmi PT. KAI baru bisa melayani pembelian tiket kelas Ekonomi AC (tertentu), Bisnis dan Eksekutif. Untuk transaksi online tiket kelas ekonomi lainnya bisa menggunakan situs pihak ketika seperti tiket.com dan lainnya.

Artikel Lainnya :