Dengan tajuk “Ngobras Panser (Ngobrol asyik tentang passion blogger)”, #Qwordsroadshow bareng komunitas digelar di Bandung. Bandung sendiri menjadi kota pertama yang disambangi oleh #Qwordsroadshow ini. 4 Kota lain yang juga didatangi oleh temen-temen dari Qwords ini adalah: Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Medan. Kegiatan #Qwordsroadshow ini dilaksanakan hari Jumat, 20 Desember 2013 ba’da Maghrib.

Roadshow

Sampai bisa hadir dalam kegiatan ini berkat status dari salah salah satu blogger senior di Bandung, Bang Aswi di Facebook dan grup Warung Blogger. Melihat judulnya sepertinya seru, saya langsung menyiapkan waktu khusus agar saya dapat mengikuti kegiatan ini. Semua jadwal pada hari dan jam yang sama saya cancel, berasa kayak artis ajah,hehe. Maaf agak lebay saking semangatnya.

Ngobras Panser
Pic by @Bangaswi

Bertempat di Gedung Bandung Creative City Forum atau lebih dikenal dengan sebutan BCCF yang berada di Jalan Purwarman No. 70 Bandung ini berlangsung seru.

Peserta yang hadir kali ini terdiri dari beberapa komunitas. Mulai dari komunitas blogger, komunitas sepeda dan ada juga teman-teman Relawan TIK Bandung dan Jawa Barat.

Sebelum acara dimulai, para peserta diwajibkan untuk mengisi daftar hadir. Setelah mengisi daftar hadir, para peserta akan dibekali dengan Goodiebag yang saya bongkar saja lah isinya di sini yah. Goodiebag tersebut berisi lembaran paket domain dan hosting Qwords, lembaran vouhcer diskon 20% langganan hosting di Qwords, pena dan bekal snack. Selain itu, dengan mengisi daftar hadir ini sekaligus mendaftarkan kita kita untuk berkesempatan meraih beberapa hadiah menarik di akhir acara. Selain itu ada hadiah menarik lainnya bagi peserta yang paling cerewet selama kegiatan di twitternya masing-masing melalui lomba live tweet. Adapun hastag yang digunakan selama lomba live tweet adalah #Qwordsroadshow #BloggerBDG dan #NgobrasPanser. Datang gratis dapat ilmu dan bakal dapat hadiah, seneng, bukan?

Pendaftaran Peserta
Pendaftaran Peserta
qwordsroashow 5 kota (bandung) (9)
Goodiebag untuk tiap peserta

Setelah para peserta melakukan registrasi, acara pun dimulai. Duet maut pembawa acara Kang Ade Truna dan Teh Haniw naik panggung. Para peserta duduk ngariung membentuk setengah lingkaran.

Sesi pertama agar kegiatan semakin semarak, Kang Adew bersama rekannya naik panggung menyanyikan lagu-lagu bertema sosial. Dengan gitar akustiknya Kang Adew melempar beberapa judul lagu.

qwordsroashow 5 kota (bandung) (3)
Penampilan Kang Adew

Berikutnya Mbak Abell selaku marketing Qwords menjelaskan mengenai program #Qwordsroadshow ini. Diskusi menarik antara duo pembawa acara dengan mbak Abell ini berlangsung seru karena diselingi dengan bagi-bagi hadiah.

qwordsroashow 5 kota (bandung) (1)
Mbak Abell Marketing Qwords

Sebelum memasuki sesi berikutnya, yang membuat kegiatan ini semakin semarak adalah rangkaian games-games dan pembagian hadiah yang tidak sedikit. Saya, termasuk yang beruntung mendapatkan kaos Qwords berkat jawaban saya atas pertanyaan nama akun twitter Qwords, Qwordsdotcom. Bagi-bagi jadiah ini terus berlangsung setiap jeda pariwara atau di sela-sela kegiatan,hehe.

qwordsroadshow 5 kota (bandung)1
Narsis dengan Kaos Qwords

Sesi yang ditunggu-tunggu pun datang. Ngobrol bareng narasumber Kang Argun dari Dewa SEO dan Teh Evi Sri Rejeki seorang penulis buku. Ngobrol dengan dua narasumber ini dimoderatori Bangaswi. Keduanya bersemangat membagi kisah awal mulai terjun di bidangnya masing-masing. Kang Argun yang bergerak di bidang per-SEO-an mengisahkan bagaimana beliau selama beberapa tahun bersedia menjadi penjaga warnet tanpa dibayar demi belajar blog dan cara mendapatkan rupiah dari sana. Kini, beliau memiliki usaha dibidang Optimasi Search Engine bernama Dewa SEO dan mempekerjakan 6 karyawan. Eits, tidak cuma itu, Kang Argun ini juga sharing perkembangan terbaru seputar SEO termasuk issue bagaimana yang dulunya posting-posting link di Facebook tidak termasuk hitungan backlink kini Google sudah memperhitungkannya.

qwordsroashow 5 kota (bandung) (8)
Kang Argun (Dewa SEO), Teh Evie Sri Rejeki dan Bang Aswi

Lain halnya dengan kisah Teh Evi Sri Rejeki. Beliau menceritakan bagaimana ketika mulai menulis, mulai serius menulis dan mulai menulis untuk menghasilkan rupiah, hehe. Selain sebagai penulis buku, Teh Evi Sri Rejeki ini juga aktif sebagai seorang blogger (nama blogger).  Biasanya tulisan-tulisan seperti puisi dan lainnya akan ditampilkan di blognya setelah tulisannya terbit. Itu juga yang dilakukan Bangaswi yang pernah menjadi salah satu pengisi kolom di salah satu media di Bandung. Dari keseriusan Teh Evi dalam menulis ini, telah lahir beberapa buku. Yang buat kegiatan ini makin spesial adalah dalam kegiatan NgobrasPanser #Qwordsroadshow ini Teh Evi Sri Rejeki juga membagi-bagikan buku terbarunya yang berjudul, “Cine Us” dibaca Sineas.

Pada sesi selanjutnya Kang Berry bersama rekannya dari Qwords tampil dengan materi seputar hosting dan domain. Tidak hanya itu, beliau juga menjelaskan mengenai bagaimana komitmen pelayanan Qwords terhadap para pelanggannya.

qwordsroashow 5 kota (bandung) (11)
Kang Berry dan rekannya dari Qwords menjelaskan layanan Qwords

Acara sudah hampir habis tetapi hadiah masih berjajar, hehe. Kegiatanpun berlanjut dengan pengundian pemenang beberapa hadiah. Pemenang dipilih melalui kocokan berdasarkan nomor urut pada daftar hadir. Alhamdulillah setelah tadi mendapatkan kaos dari Qwords, saya mendapatkan hadiah lagi berupa buku “Cine Us” karya Teh Evi Sri Rejeki. Pada sesi ini juga diumumkan siapa pemenang dengan rekor live tweet terbanyak selama berlangsungnya kegiatan #NgobrasPanser #Qwordsroadshow ini.

qwordsroadshow 5 kota (bandung)2
Buku Cine Us yang saya dapatkan setelah nama saya muncul dalam kocokan

Di akhir acara, Tim Qwords menyerahkan Dana Santunan untuk komunitas yang diserahkan secara simbolis oleh Kang Ade kepada Bangaswi. 

qwordsroashow 5 kota (bandung) (12)
Pemberian Santunan secara simbolis

Dari kegiatan ini, selain tambahan wawasan terutama bagi saya yang meskipun sudah lama ngeblog tidak memperdulikan tentang SEO jadi berfikir untuk mulai peduli dengan SEO, juga pulang dengan jinjingan hadiah, hehehe. Yang lebih keren lagi adalah makin banyak teman.  Akan lebih afdol dan lengkap lagi kalau saya dapat durian runtuh dapat  hadiah utama dari #Qwordsroadshow, hehehe ngiler sampai banjir nih.

qwordsroashow 5 kota (bandung) (13)
Foto Bareng peserta Qwordsroadshow

Qwords berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan seperti ini tidak cuma #Qwordsroadshow di 5 kota tahun 2013 ini. Temen-temen Qwords sudah lama aktif dalam kegiatan-kegiatan lain terutama kegiatan TIK bersama teman-teman Relawan TIK Jawa Barat.

Saya sendiri saat ini sebagai pelanggan aktif Qwords dan selama hampir setahun ini baik pelayanan yang ditawarkan dan layanan trouble shooting-nya sangat memuaskan. Dalam kurun waktu tersebut saya belum pernah mengalami masalah dengan domain dan hosting yang saya gunakan dari Qwords.

Dengan kurang lebih 6.000 klien aktif dan masuk 10 Top Brand Hosting di Indonesia, masih belum yakin untuk berlangganan di Qwords? hehehe

Terima kasih buat Qwords, Bang Aswi dan temen-temen semua. Tak lupa juga terima kasih buat Gurita Kaos Bisa Ngomong yang sudah mensupport kegiatan ini dengan Kaos “Sumpah Aku ini Blogger”nya.

Foto Lainnya :