Untuk melindungi file gambar, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan watermark.  Memberikan Watermark pada gambar biasa menggunakan aplikasi gambar seperti Photoshop, Paint maupun aplikasi gambar yang berjalan di Sistem Operasi Linux seperti Gimp. Sayangnya, aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat memanjakan kalian untuk memberikan watermark pada gambar dalam jumlah banyak sekaligus. Akan repot jika file gambar yang ingin kalian beri watermark jumlanya puluhan hingga ratusan. Betul, tidak?

Nah, sebenarnya tutorial ini sudah ingin saya share sekitar setahun yang lalu tapi karena kemarin saya lagi sok sibuk dan sok tidak peduli dengan blog ini, akhirnya niat tersebut jadi tertunda, hayah ra penting.  Sambil minum kopi saya capture dulu gambar-gambarnya sebelum saya update artikel ini, hehe.

bersambung…17:16 WIB

======================================================================

Sambungan pukul 17:40 WIB

Dilanjut gan!!

  • Jadi, aplikasi yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah Wartermark Image yang bisa kalian download di http://www.watermark-image.com/download.aspx. Perlu diketahui bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi berlisensi. Kalian dapat mencoba versi trial-nya terlebih dahulu. Download lalu install. Dalam tutorial ini tidak menjelaskan cara download dan install karena pembaca sudah saya anggap faham cara download dan install tersebut.
  • Sistem Operasi yang saya gunakan berbasis Windows, Win 7.
  • Sebelum menjalankan aplikasi Watermark Image ini, coba kalian siapkan beberapa foto yang ingin diberi watermark sekaligus. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan 10 file gambar.
  • Oke, setelah kalian menginstal aplikasi Watermark Image silahkan dijalankan. watermark image 2
  • Setelah aplikasi Watermark Image terbuka, silahkan load (cari) file gambar yang akan diberi watermark dengan klik button File. Dapat juga menggunakan Button Directory jika file gambar yang ingin kalian beri watermark ada dalam 1 folder. Agar dapat melihat preview atau contoh gambar yang akan diberi watermark silahkan klik menu di sebelah kanan, Select Preview Image lalu pilih salah satu gambar yang ada.watermark image 3
  • Cari folder dimana kalian menyimpan file gambar tadi (panduan atas) lalu seleksi kesepuluh file gambar tersebut lalu klik Open.

watermark image 4

  • File gambar akan muncul di bagian sebelah kiri. Nah, jika kalian ingin melihat tampilan preview silahkan klik menu Select preview Image lalu pilih salah satu gambar yang akan dijadikan contoh preview. Jika gambar sudah tampil langkah berikutnya klik Next.

watermark image 5

  • Ini dia bagian paling penting dalam memberikan watermark pada gambar. Perhatikan bagian-bagian pada gambar yang diberi tanda dengan warna biru, merah, hijau ungu maupun Orange. Tanda tersebut kalian gunakan antara lain untuk:
  • Mengganti jenis font, ukuran font, warna font, transparency font maupun lokasi tulisan watermark. Saya rasa kalian akan dengan mudah melihat perbedaannya jika setingan diubah-ubah. Silahkan lihat tampilan preview pada gambar. Jika dirasa sudah cukup silahkan klik Next.

watermark image 6

  • Ini sudah memasuki tahap akhir. Klik menu Select pada bagian Destination. Pilihan ini adalah tempat menyimpan hasil gambar yang akan kalian beri watermark. Jika sudah kalian pilih folder tempat menyimpan, silahkan klik Button Start (ketika diklik dan dalam proses berubah menjadi Stop) di bagian bawah dan tunggu hingga proses selesai.

watermark image 7

  • Setelah proses di atas selesai, silahkan kalian lihat hasilnya di folder tempat menyimpan file gambar yang diberi watermark. Sangat mudah, bukan. Oke semoga bermanfaat. Terima kasih

@MassolPanjava

Kabar Pemalang