Beberapa waktu lalu saya sudah menuliskan tutorial sejenis di Email Yahoo. Sekarang saya akan coba menuliskan tutorial menyematkan Signature (tanda tangan) pada email Gmail. Fungsi dari signature ini adalah untuk identitas yang akan melekat setiap kali kita mengirimkan email. Isinya tergantung pemilik email itu sendiri. Ada yang menyematkan nomor hanphone, akun twitter, akun facebook maupun blog/website. 

Cara menyematkan/memberikan signature di Gmail ini sangatlah mudah. Set-set langsung beres, hehe. Yuk samakan persepsi terlebih dahulu agar dalam mengikuti tutorial ini bisa selaras dan se-tujuan. Ada bebera hal nih yang harus diperhatikan:

  1. Tutorial ini menggunakan Gmail berbahasa Indonesia
  2. Loginlah terlebih dahulu ke akun Gmail

Setelah kalian dalam keadaan login, perhatikan bagian kanan atas halaman Email. Klik gambar bergerigi seperti yang ada di bawah ini. Setelah muncul daftar menu, klik Setelan.

Signature Gmail_1

Pastikan menu Tab pada bagian Umum. Secroll-lah ke bawah hingga menemukan kotak Tanda Tangan (Signature). Isilah sesuai dengan keinginan kalian. Kalian dapat mencontoh isi seperti yang ada di gambar. Pilihan Sisipkan tanda tangan ini sebelum kutipan teks… itu opsional saja boleh dicentang (V) boleh tidak.

Signature Gmail_2

Setelah selesai mengisi jangan lupa untuk menyimpan dengan klik Simpan Perubahan.

Signature Gmail_3

Silahkan coba klik menu Tulis, maka Signature/Tanda-tangan sudah melekat. Sangat mudah, bukan?

Signature Gmail_4

Terima kasih sudah mengikuti tutorial ini. Matur Suwun

Tutorial lainnya :