Seperti yang pernah saya jelaskan pada tutorial pembuatan Email dg Gmail kemarin bahwa akun Google ini satu untuk semua. Satu akun dapat digunakan untuk banyak layanan dari Google. Ada Gmail, Youtube, Google Drive, Blogspot maupun layanan lainnya. Untuk ngeblog telah tersedia layanan Blogspot. Meskipun tulisan saya ini ditulis di media blog WordPress, tetapi harus saya akui bahwa Blogspot memiliki keunggulan tersendiri yang tidak ada di WordPress. Bagi kalian yang suka ngulik Script Java, kalian cucok menggunakan Blogspot. Selebihnya saya rasa fitur-fiturnya tidak jauh berbeda dengan WordPress. Blogspot bisa dimoneytize dg  Adsense sementara WordPress.com tidak bisa. note: halaman blogspot aksesnya dengan blogger.com Kembali ke laptop. Sebelum praktek yuk kita simak dulu beberapa fitur yang dimiliki oleh Blogspot :

  • Multi User

Blogspot dapat dikelola oleh banyak user. Usahakan user lain adalah sesama pemakai akun Google

  • Multi Blog

Satu akun Google dapat memiliki lebih dari satu blog.

  • Support Java Script

Blogspot membuka akses bagi user untuk mengedit script HTML dan Java Script

  • Support Adsense

Support Java berarti bisa memasang script Adsense.

  • Statistik

Blogspot sudah dilengkapi dengan data statistik. Selain memilik statistik sendiri, Blogspot juga terintegrasi dengan Google Analytics.

  • Template

Tersedia banyak sekali template yang bisa kita gunakan dan dapat diedit untuk disesuaikan dengan selera pemilik blog.

  • GRATIS

Hehe, kita sepakat bahwa yang gratis-gratis itulah yang kita suka🙂. Layanan blogspot murni gratis seperti layanan Google lainnya.

  • Bisa Ganti Domain

Secara default setiap blog baru akan mendapatkan sub domain dengan domain utama blogspot.com, misalnya, massol507.blogspot.com. Nah, kalian dapat beli domain dan atur URL blogspot ke domain yang kalian beli, misalnya, domain massol507.com

  • Fitur Mobile

Blogspot sudah menyediakan layanan dalam tampilan mobile Sebenarnya masih banyak fitur-fitur Blogspot yang dapat kalian gali dan manfaatkan untuk mengoptimalkan blog kalian. Silahkan dioprek sendiri yah gan. Dalam tutorial blog dengan Blogspot yang akan saya buat nanti meliputi sebagai berikut:

  1. Daftar/Buat Blog dengan Blogspot
  2. Mengenal Menu-Menu di Blogspot
  3. Posting Artikel di Blogspot
  4. Membuat Page/Halaman di Blogspot
  5. Membuat Blogroll di Blogspot
  6. Mengganti Tema/Template di Blogspot
  7. Memasang Widget Twitter di Blogspot
  8. Memasang Adsense di Blogspot
  9. Membaca Statistik di Blogspot
  10. Mengelola Komentar di Blogspot
  11. Memasang Banner di Blogspot
  12. Cara Sharing Otomatis di Blogspot

Semoga bermanfaat. Matur suwun