01 ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku11
Saya dan Notebook kesayangan saya, ASUS K40IN

Nyaman dan tangguh itulah kesan bagi saya yang sudah lebih dari setahun ini menggunakan Notebook ASUS K40IN. Bagaimana tidak? Notebook ini saya beli dalam kondisi tidak baru alias second per Desember 2012. Sebelum saya miliki, notebook ini dibeli dalam kondisi baru oleh mantan rekan kerja saya, Indra pada tahun 2009-an. Selama itu pulalah notebook ini tidak pernah masuk meja operasi alias service. Performa ASUS K401N pun tetap mumpuni. Berbekal pengalaman itulah saya memberanikan diri ikutan kontes blog “Asus Notebook Terbaik dan Favoritku

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku
Notebook ASUS K40IN tampak dari atas

Sepesifikasi Notebook ASUS K40IN milik saya ini TOP di eranya. Sistem Operasi yang terpasang adalah Windows Vista, namun untuk menunjang kinerja yang lebih nyaman saya putuskan untuk mengganti dengan Windows 7. Notebook ASUS K40IN memiliki bobot 2,3 kg dibekali Layar 14 inci, prosesor Dual Core berkecepatan 2.00 GHz, RAM 2 GB, VGA NVidia Geforce 102M bermemory 512MB, Media penyimpanan 320GB sangat membantu saya dalam setahun terakhir. Baik untuk aktivitas kerja maupun memenuhi kebutuhan saya sehari-sehari.

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku
Notebook ASUS K40IN tampak dari samping

Aktivitas sehari-hari menggunakan notebook ini lebih banyak untuk online. Kebetulan saya ini menjadi admin beberapa web dan akun sosial media yang mengharuskan saya banyak duduk di depan notebook. Selain itu biasanya saya menggunakan beberapa aplikasi seperti Photoshop CS3, Corel Draw X5, Office 2010, Tweetdeck, Windows Media Player dan beberapa game seperti PES 2012 dan PointBlank, . Ternyata ketika menjalankan browser Chrome dengan membuka beberapa halaman, lumayan memakan memory cukup besar. Meski notebook saya ini mampu untuk menjalankan banyak aplikasi tersebut dalam satu waktu, saya tetap menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu penggunaan notebook bisa lebih optimal.

Untuk menunjang performa yang lebih baik saya menambahkan tambahan RAM sebesar 2GB sehingga total RAM yang tertanam menjadi 4GB. Selain itu saya juga menambahkan perangkat lain berupa Cooler Pad. Ini sangat berpengaruh terutama ketika saya menjalankan game PES 2012 agar tidak cepat panas.

Beberapa kendala sempat saya alami pada saat awal menggunakan ASUS K40IN ini. Pertama, Mousepad mati. Ini terjadi ketika notebook baru saja takeover dari teman saya. saya mencoba untuk utak-atik agar mousepad bisa berjalan kembali. Mulai dari memainkan shortcut pada keyboard, utak-atik driver, namun hasilnya nihil. Saya membawa ke Jupiter Service di Jaya Plaza Bandung. Rupanya sama pemilik tempat service tersebut hanya dioprek di bagian BIOSnya saja (Mousepad di-enable) dan mousepad bisa berjalan kembali. Kendala kedua adalah layar yang yang berkedip-kedip. Untuk mengatasi ini saya mencoba mencari tahunya dengan google. Salah satu referensi yang saya baca adalah kabel fleksibel yang longgar. Saya coba buka bagian belakang notebook. Rupanya karena faktor usia, notebook ini berdebu di bagian dalam. Inilah yang menyebabkan notebook juga cepat panas. Saya bersihkan debu-debu tersebut lalu memasang penutup kembali. Setelah dijalankan kembali, notebook berjalan dengan normal.

Tahun kemarin (2013), saya sempat waswas dengan kondisi notebook karena saya gunakan secara berlebihan. Dalam 3 hari berturut-turut notebook ini digunakan dari jam 8 pagi hingga 5 sore untuk keperluan Bimtek PPID di beberapa daerah di Indonesia. Notebook dengan baterai terpasang saya colokkan ke listrik. Biasanya untuk penggunaan dalam waktu lama saya melepas baterai. Tanpa listrik notebook hanya bertahan 15 menitan saja. Bahkan, saya sendiri memfonis bahwa kondisi baterai sudah bermasalah atau drop. Tetapi setelah saya ulik kembali hingga saat ini baterai ASUS K40IN milik saya masih kuat lebih dari satu jam. Sekarang saya tidka takut lagi ketika menggunakan notebook ini dalam kondisi baterai terpasang dicolokkan ke listrik. Selain itu, sebelum tas notebook diberikan oleh rekan saya (Indra) saya menggunakan tas ransel yang didalamnya juga saya masukkan pakaian sehingga kondisi notebooke agak terhimpit. Saya takut kelak akan berpengaruh pada layar LCD. Alhamdulillah kondisi layar LCD hingga kini tetap aman. Untuk lebih amannya lagi saya akhirnya menggunakan tas notebook bawaan ASUS setiap kali tugas keluar kota. Dari fakta-fakta tersebut saya sudah membuktikan bahwa ASUS merupakan produsen Notebook terbaik dan favoritku.

Kondisi terkini NoteBook ASUS K40IN milik saya.

Perangkat/Hardware/Kelengkapan Kondisi
Keyboard Normal
LCD Normal
DVD Room/RW Normal
Card Reader Normal
Baretai 1 jam +
Webcam Normal
Sound/Speaker – Mic Normal
Adaptor Normal
Mousepad Normal
USB 2.0 (4 port) Normal
Wifi Normal
LAN Card Normal
VGA Normal
CD Driver dan Recovery Masih ada
Mouse Masih ada dan berfungsi normal tetapi lecet karena pemakaikan
Kartu Garansi Sudah habis masa garansinya
ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku12
Notebook ASUS K40IN dari depan

Bobot ASUS K40IN ini lumayan berat. Meskipun demikian, untuk menunjang kinerja saya, ASUS K40IN masih cukup mumpuni meski saya juga melirik ke ASUS yang sepesifikasinya jauh lebih mumpuni dengan prosesor Core i3 ke atas. Untuk kebutuhan mobile rencananya saya akan membeli ASUS varian Netbook. Kenapa? saya butuh bobot yang lebih ringan dan daya tahan baterai lebih lama untuk keperluan online.

Mengapa memilih merk ASUS ketimbang merk lain? Beberapa keunggulan ASUS sudah saya buktikan melalui uraian saya di atas. Nah, ketika saya mendapatkan tanggungjawab untuk mengurus perangkat komputer dan notebook di kantor, saya mendapatkan beberapa masalah dari notebook merk lain. Tahun 2007 kantor saya membeli beberapa notebook bertipe 3315 dan 4520 serta 4530. Selang 2 s.d 3 tahun sebagian besar masuk ke meja service dengan kasus yang sama, bermasalah di VGA. Setelah mengalami perbaikan pun, ternyata berumur tidak lama. Notebook lain,selain VGA yang sering bermasalah biasanya CD/DVD Room juga cepat rusak.

Agar lebih mudah untuk dibaca, saya uraikan keunggulan/kelebihan notebook ASUS sebagai berikut:

  1. Handal. Notebook ASUS K40IN yang saya miliki ini kurang lebih sudah berumur 4 tahunan. Kondisinya masih normal dan kinerjanya tetap jempol.
  2. Keselarasan harga dan spesifikasi. Dengan spesifikasi dan kehandalan yang dimiliki, harga ASUS jauh lebih seksi.
  3. Memiliki banyak varian dengan desain yang menarik. Kita dapat membeli notebook ASUS sesuai dengan kebutuhan dan budget di kantong. Selain itu pilihan warna untuk beberapa tipe juga tersedia. Semua tinggal pilih, baik itu desain, spesifikasi dan harga tinggal menyesuaikan. Silahkan lihat di daftar produk dalam buku “ASUS Product Guide” yang tersedia di toko-toko notebook atau komputer.
  4. Garansi 2 tahun. Garansi yang diberikan oleh ASUS untuk setiap pembelian notebook adalah Garansi Global. Dalam 2 tahun tersebut pengguna ASUS jika mengalami masalah baik VGA maupun Motherboard mendapatkan gratis biaya service dan biaya spare part. Garansi Global ini diberikan ASUS untuk 58 negara termasuk Indonesia (ASUS Product Guide 2013).
  5. Baterai tahan lama. Dengan umur notebook K40IN yang saya miliki dan kondisi baterai yang masih mumpuni, saya merekomendasikan ASUS untuk anda miliki. Sebagai catatan bahwa dalam waktu 5-6 bulan terakhir lebih banyak stay di depan notebook berjam-jam dengan kondisi baterai terpasang dan tercolok dengan listrik. Notebook versi lebih baru sudah menggunakan teknologi Super Batt menggunakan ASUS Smart Charging Algorithm untuk memperpanjang potensi baterai notebook.Daya tahannya tiga kali lebih lama daripada baterai -cell lain pada umumnya.
  6. ASUS merupakan TOP Brand dan pada tahun 2013 menerima 4.256 award. Pada tahun 2012 ASUS mendapatkan predikat TOP 2 Indonesian Notebook Brand, TOP 2 Consumer Notebook Brand menurut laporan IDC, (QA 2012).
  7. Notebook ASUS didukung dengan beberapa teknologi terbaru. Salah satu teknologi baru yang ada di notebok asus versi baru adalah Smart Gesture. teknologi ini memungkinkan jika kita menggunakan mouse maka kondisi mousepad akan terkunci. Selain itu beberapa varian Notebook ASUS sudah dilengkapi dengan tombol numerik. Bagi kalian yang sering berhubungan dengan angka akan terbantu dengan fitur ini. Teknologi baru yang digunakan dapat dilihat dari notebook ASUS versi lebih baru.
  8. Dukungan driver tersedia di website. Pada saat membeli notebook ASUS sudah termasuk dengan CD Driver, akan tetapi untuk kebutuhan yang mendesak, misalnya, driver hilang kita dapat mendownload langsung ke halaman ASUS.com.
  9. Kualitas dan Layanan ASUS No. 1. ASUS menjaga kesempurnaan dalam setiap produk baik notebook atau perangkat lainnya. The Wall Street Jurnal Asia memberikan penghargaan sebagai perusahaan dengan kualitas produk dan pelayanan terbaik
ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku46
ASUS EE PC salah satu rekomendasi saya di Kantor

Berdasarkan pengalaman menggunakan Notebook ASUS dan membaca beberapa referensi inilah maka saya merekomendasikan Anda untuk memilih ASUS. Ketika rekan kerja di bagian keuangan kantor saya hendak membeli notebook/netbook pun saya rekomendasikan untuk membeli ASUS. Kerabat saya di Pemalang yang memiliki anak usia kelas tiga SMP beberapa kali bertanya mengenai notebook yang cocok untuk anaknya kelak ketika memasuki sekolah menengah atas. Saya pun merekomendasikan produk ASUS terutama tipe netbook agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget-nya. Pertengahan Maret lalu ketika saya berkesempatan menjadi instruktur pendamping dalam Pelatihan TIK di Pusdiklat Provinsi Sumatera Barat, salah satu peserta menanyakan tentang rekomendasi notebook, saya arahkan ke ASUS. Produk ASUS sudah memberi bukti jadi saya tidak canggung untuk merekomendasikannya ke orang lain.  ASUS Notebook Terbaik dan kini menjadi favorit saya. Terima kasih

Video Review ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Beberapa Foto dari Notebook ASUS K40IN