Blogwalking merupakan salah satu cara untuk kita bersilaturahmi dengan blogger lain. Di sisi lain ternyata kegiatan itu dapat menaikkan traffic blog yang kita kelola. Nah, pada saat blogwalking biasanya blogger akan meninggalkan komentarnya di blog yang dia kunjungi sebagai jejaknya. 

Selain itu komentar tersemat juga karena ada hal yang belum difahami. Contohnya di blog massol507.wordpress.com ini. Karena memang sebagian besar berupa tutorial, maka pertanyaan yang tersemat dalam komentar biasanya berhubungan dengan tutorial yang dilihat pengunjung. Hal itu juga berlaku di blog yang berplatform Blogspot.

Saya menggunakan contoh blog kabarpemalang.com yang kebetulan komentarnya sudah lumayan banyak.

Silahkan masuk ke halaman Admin Blogspot (login). Klik menu Komentar (Diterbitkan). Silahkan lihat gambar di bawah ini.

massol panjava - mengelola komentar_1

Gambar di atas adalah beberapa komentar yang masuk. Kalian dapat memfilter jika ada komentar berupa iklan (spam). Jika ada komentar yang tidak kalian kehendaki, misalnya mau dihapus, silahkan arahkan kursor pada komentar. Menu Hapus Konten, Hapus, Spam akan muncul (kotak warna merah). Keterangan di kotak warna biru merupakan halaman/artikel yang dikomentari.

Untuk menghapusnya cukup klik Hapus sedangkan Spam digunakan untuk mengelompokkan komentar ke dalam spam atau komentar sampah.

massol panjava - mengelola komentar_2

Jika kalian ingin membalas komentar yang masuk, silahkan klik halaman/artikel yang tadi dalam kotak warna biru. Kalian akan masuk ke halaman/artikel tersebut. Scroll ke bawah hingga ujung artikel kalian akan mendapati komentar yang tersemat. di bagian kanan silahkan klik menu Balas.

massol panjava - mengelola komentar_3

Berikutnya tulislah balasan komentar kalian pada kotak yang tersedia, jika sudah selesai silahkan klik Publikasikan.

massol panjava - mengelola komentar_4

Komentar yang kita tulis tadi akan muncul berulir (tergantung setingan blog).  Contohnya seperti gambar di bawah ini.

massol panjava - mengelola komentar_5

Nah, kalian juga bisa mengatur setingan komentar. Silahkan ikuti contoh seperti gambar di bawah ini. Khusus untuk Pesan Formulir Komentar merupakan kalimat yang akan muncul di atas form komentar. Silahkan tulis dengan kalimat Anda sendiri. Jangan lupa untuk klik Simpan Setelan (menu di kanan atas) ketika sudah selesai mengatur setingan komentar ini.

massol panjava - mengelola komentar_6

massol panjava - mengelola komentar_6

Artikel Lainnya: