Kabupaten Pemalang geografinya memang unik. Di bagian selatan adalah dataran tinggi termasuk daerah Pulosari yang berada di kaki Gunung Slamet. Sedangkan di bagian utara memiliki garis pantai yang lumayan panjang. Di bagian Selatan potensi wisata alamnya sangat melimpah ada banyak curug, ada Bukit Mendelem, Gunung Gajah, Pemandian Moga, Ada Agrowisata Kebun Teh Semugih lan liya-liyane. Ada lagi nih perpaduan wisata alam dan wisata dengan alat modern, yups betul sekali, Arung Jeram. Di Desa Lodaya, Kecamatan Randu Dongkal ada wisata arung jeram atau yang sering dikenal dengan rafting bernama PS Group Rafting.

Kenapa harus PS Group Rafting?

Ternyata setelah dilakukan wawancara nama PS ini diambil dari singkatan Prestasi Studi yang awalnya adalah sebuah lembaga bimbingan belajar milik Mas Condro, Owner PS Group Rafting ini. PS Grourp Rafting atau yang lebih dikenal dengan PS Rafting ini berdiri bulan Oktober tahun 2012.

Jalur arung jeram PS Rafting ini adalah Sungai Rompang melalui lima desa antara lain Gembyang, Bakung, Penusuran, Lodaya dan Kalimas. Dengan jarak tempuh yang dilalui kurang lebih 8,5 KM kalian akan disuguhi beberapa tantangan yang cukup membuat debar jantung berdegup kencang dan suara tak mampu tertahankan, “wua wua wua aaaaaaaa”.

Minggu, 8 Juni 2014 saya berkesempatan mencoba tantangan berarung jeram dengan PS Rafting setelah beberapa kali tertunda. Bersama rekan saya Faruk, saya berangkat ke Desa Lodaya basecamp PS Rafting dari Kota Pemalang. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit sampailah di lokasi. Ini kali pertama saya nyemplung berarung jeram masbro, haha very very excited dah pokoke.

Di sana ternyata ada dua rombongan yang sudah stand by untuk berarung jeram, rombongan dari Tegal dan rombongan rekan-rekan dari Petarukan, Rina DKK .

Sebelum mulai berarung jeram, kami dibekali dengan peralatan berupa helem dan pelampung juga. Selain itu kami juga diberi latihan untuk peregangan otot. Gunanya adalah untuk mengantisipasi agar ketika di sungai tidak mengalami keram. Peregangan dilakukan kurang lebih selama 5-7 menit.

Arung Jeram Pemalang, PS Rafting
Pemanasan Dulu Sebelum Terjun ke Sungai

Setelah melakukan peregangan sebelum berangkat menuju sungai, kami berpose dulu. Cekrek!! tuh fotonya di bawah

01 Massol - PS Group Rafting
Pose Sebelum Terjun ke Sungai

Selepas berfoto ria, kami dibawa ke lokasi start di Desa Gembyang dengan menggunakan mobil bak terbuka. Sampai di lokasi kurang lebih melakukan perjalanan selama 15 menit. Karena kendala teknis akhirnya rekan-rekan rombongan Tegal balik ke Basecamp untuk menunggu giliran. Saya dan Faruk yang datang cuma berdua akhirnya gabung dengan rombongan Rina DKK yang berjumlah 8 orang (5 Cewek dan 3 Cowok). Dengan masuknya saya dan faruk maka jumlahnya genap menjadi 10. Kami akhirnya dibagi menjadi 2 kelompok (masing-masing perahu). Perahu pertama berisi 6 orang termasuk 1 guide dan perahu dua berisi 7 orang (termasuk saya dan 2 orang guide). Nih gambarnya ada di bawah peratu tim saya😀. Semangatlah ada 3 temen cewek dalam satu perahu, hehe.🙂

03 Massol - PS Group Rafting
Suasana Saat Berarung Jeram

Waktu tempuh untuk menyusuri Sungai Rompang dengan perahu karet ini kurang lebih 2 jam. Kalian akan menemui beberapa titik yang cukup menantang dan butuh kehati-hatian dalam mengarunginya. Nah, waktu sebelum finis, ternyata perahu tim saya terbalik dan diantara kami mencoba bertahan. Saya sendiri hampir terbawa arus namun masih bisa bertahan memegang tali perahu sekaligus menahan salah satu rekan yang hampir terbawa arus, Rina. Gara-gara kejadian itu saya dibilang, “Pangeran Penyelamat”, hehe😀 (kepala saya tiba-tiba membesar).

Alhamdulillah insiden terbaliknya perahu tidak membuat salah satu dari kami cidera atau terluka. Hanya sedikit shock bercampur senang, hahaha. Capek tapi senang itulah yang saya dan teman-teman rasakan selama bergelut dengan derasnya arus Sungai Rompang.

Setelah sampai di garis finish, kami kembali ke Basecamp PS Rafting dengan mobil bak terbuka lagi. Di Basecamp, kami melakukan bilas badan dan ganti baju. Setelah itu lanjut makan sate kambing muda di saung sambil menikmati panorama sawah dan derasnya arus Sungai Rompang yang ada di bawah saung.

Raservasi PS Group Rafting :
Jl. Raya Randudongkal, Kemiri Sewu RT.63/7.
Sann : 085725019393/087836160462 pin (29D9B084)
Chon : 085742058459 pin (29E5FE87)
Basecamp     : Pondok Pemancingan dan Lesehan ADHIVA, Desa Lodaya – Randudongkal

Follow Twitter PS Rafting @PSRafting

 

Tarif (Juni 2014)
Promo Pelajar Rp 100.000/orang (minimal 8-10 orang)
Pelajar Rp 125.000/orang (minimal 8-10 orang)
Umum Rp 150.000/orang (minimal 8-10 orang)
Fasilitas: Profesional Skipper, Foto, Welcome Drink, Asuransi, Transportasi, Lesehan Sate Kambing Muda