Bersama ICTWatch, Common Room dan beberapa pendukung acara, Relawan TIK Bandung gelar #Ngabubur IT yang dikemas dalam talkshow dengan tema “Tata Kelola Internet di Indonesia” Sabtu (12/7/2014). Kegiatan dibuka oleh Donny BU dari ICTWatch. Kegiatan yang dilaksanakan sekaligus buka bersama ini digelar di Warung Maicih, Bandung.

Beberapa pembicara hadir berbagi mengenai beberapa hal. Pertama, Sonny Setiadi (APJII Jabar) berbagi tentang infrastruktur jaringan internet khususnya di Bandung dan Jawa Barat. Kedua, Gustaf H. Siregar (Common Room) sharing tentang pemanfaatan TIK untuk menunjang kegiatan di komunitasnya. Ketiga, Bob Merdeka (Maicih) sharing tentang bagaimana memanfaatkan teknologi khususnya internet untuk kegiatan bisnisnya. Keempat, Ashwin Sasongko sharing tentang perkembangan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. Kelima, Ayu Oktarina pegiat kampanye Odha Berhak Hidup Sehat yang membagikan pengalamannya melakukan kampanye tentang HIV/AIDS melalui sosial media.

Tak ketinggalan pula Rinda Cahyana dari Relawan TIK Garut bercerita tentang pemanfaatan TIK untuk dunia pendidikan. Ada 3 hal penting yang disampaikan dalam kaitannya pemanfaatan internet untuk pendidikan ini antara lain: Membangun kesadaran akan pentingnya pemanfaatan internet untuk kegiatan-kegiatan positif, Memberikan keahlian dasar TIK dan membangun kapasitas.

“Internet Cepat Untuk Apa?” itulah salah satu pertanyaan yang dikutip dari pernnyataan menteri Komunikasi dan Informatika beberapa waktu lalu yang sempat diperbincangkan dalam diskusi. Pada kesempatan itu, Gustaf H. Siregar dari Common Room menjelaskan bahwa agar akses internet di Indonesia ditingkatkan atau dalam hal ini infrastrukturnya ditingkatkan oleh pihak-pihak terkait, kita sebagai pengguna dianjurkan untuk meningkatkan kebutuhan akan akses internet itu sendiri. Lalu pertanyaannya dengan apa? Dengan menciptakan atau meningkatkan kebutuhan akan akses internet untuk kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat.

Peserta yang hadir dalam kegiatan ini kurang lebih sekitar 80-an orang. Mulai dari mahasiswa, komunitas blogger maupun rekan-rekan Relawan TIK di Jawa Barat. Bahkan, Relawan TIK dari Garut mengajak teman-teman dari Korean IT Volunteer. Sementara itu ketua relawan tik nasional, Indriyatno Banyumurti tampil sebagai moderator.

Pendukung acara:

ID-Config, APJII, Internews, Qwords, Safenet, Maicih, Nawala, Detiknet, Liputan6, Google.

Sumber: http://relawan-tik.or.id/2014/07/14/relawan-tik-bandung-gelar-ngabuburit-tata-kelola-internet-di-indonesia/