“Lebih mudah menggunakan produk Mozilla dengan penggunaan bahasa lokal”, kurang lebih pesan yang disampaikan oleh Fadil perwakilan Mozilla Indonesia dalam Localization Workshop Bandung yang diselenggarakan oleh Mozilla Indonesia di Gedung Pos Bandung, Sabtu 19 Juli 2014 lalu.

Menurut Fadil dan rekannya, saat ini rekan-rekan dari Mozillian, para pengguna Mozilla telah melakukan pelokalan sebanyak 150 bahasa. Bahasa Indonesia termasuk di dalamnya. Selain itu, project pelokalan ini juga menyentuh ke bahasa daerah di Indonesia antara lain Jawa, Sunda dan Minang.

Mozilla IDWorkshop ini dihadiri kurang lebih 20 orang yang terdiri dari berbagai komunitas. Ada Relawan TIK, Blogger, POSS UPI dan komunitas lainnya. Masing-masing peserta melakukan praktek melokalkan bahasa dari berbagai macam produk Mozilla. Jujur, saya mengalami kesulitan ketika turut serta menerjemahkan beberapa istilah di layanan Mozilla ke dalam bahasa Indonesia.

Selain melakukan praktek pelokalan, dalam workshop tersebut juga dilakukan video conference dengan Fauzan Alfi yang berlokasi di Jakarta dan Romi yang merupakan pelopor Mozillian Indonesia yang saat ini tinggal di Jerman. Romi sendiri adalah penggagas project pelokalan Bahasa Sunda yang sampai saat ini masih berlangsung.

Kegiatan ini juga sekaligus dengan buka bersama🙂. Terima kasih Mozilla