edit_Web Hacking & Trojan Pengendali Jarak Jauh (1)

Pada hari Sabtu, 25 Oktober 2014 Jordan salah satu anggota Relawan TIK Pemalang mengisi Workshop Web Hacking di Pusat Komputer Masyarakat (Puskomas) Kota Pekalongan. Saya dan rekan-rekan lainnya dari Relawan TIK Pemalang turut serta menjadi peserta dalam workshop tersebut.

Menarik, saya yang memang sedari dulu tidak begitu tertarik dengan dunia hacking, mendapatkan pelajaran berharga mengenai keamanan website dari workshop ini. Apalagi salah satu kegiatan yang saya geluti merupakan pembuatan website. Isu keamanan website menjadi sesuatu yang penting yang musti saya perhatikan.

Selain rekan-rekan dari Relawan TIK Pemalang, hadir juga komunitas-komunitas lain seperti ATTIK Pekalongan, Komunitas Linux Pekalongan. Mereka semua kurang lebih berjumlah 25 orang yang sejak awal hingga akhir antusias mengikuti workshop.

Jordan selaku pembicara memperlihatkan teknik SQL Injection menggunakan SQLmap untuk menembus beberapa website yang dijadikan sample target. Selain itu, dia juga menunjukkan cara menanam trojan ke komputer target dan menjalankannya sebagai alat kendali jarak jauh. Melalui laptopnya, dia bisa mengetahui aktivitas komputer target yang sudah ditanam trojan tersebut.

Setelah kegiatan workshop selesai, Relawan TIK Pemalang bersama Puskomas Pekalongan dan ATTIK Pekalongan mengadakan pertemuan untuk rencana ke depan (berkolaborasi).