Koneksi internet sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang di masa sekarang ini. Ibarat kata, “Urip iku kerasa anyeb nek langka koneksi” (Hidup terasa hambar tanpa ada koneksi). Jangankan tanpa koneksi, koneksi putus nyambung saja sudah bikin galau bukan kepalang. Sepakat, kita butuh koneksi di manapun kita berada.(Setting IP Static di Ponsel Android)

Lalu dengan apa kita bisa terus tersambung dengan internet? Wehe….yang mudah dibawa dan dikantongin ya ponsel meski tidak menutup kemungkinan bisa menggunakan perangkat seperti tablet, laptop maupun perangkat lainnya. Saat ini ponsel pintar alias smart phone sudah mendukung layanan data 3G, HSDPA, HSUPA yang mendukung akses internet berkecepatan tinggi tidak lagi menggunakan GPRS yang…tau sendirilah masbro.

Selain itu ponsel pintar yang berada di pasaran saat ini sudah dibekali dengan layanan wifi bahkan tidak cuma itu ponsel-ponsel pintar sudah dapat digunakan sebagai portable hotspot. Nampaknya saya sudah terlalu bertele-tele yo masbro. Oke kita fokusin pembahasan seperti judul, “Setting IP Static di Ponsel Android“.

note: perangkat hotspot di lingkungan publik biasanya jarang yang menggunakan IP Static, biasanya menggunakan setiangan IP Dinamic untuk memudahkan klien dalam mengakses internet.

Persiapan:

  • Ponsel bersistem operasi Android (yang saya gunakan Sony Xperia Miro)
  • Ada Access Point/Wifi (Contoh, Kabar Pemalang)
  • Akses internet yang digunakan setingan Speedy dan DNS yang saya gunakan dari Nawala

Langsung tancap gas gaees….

Buka menu ponsel lalu pilih Setting

Massolpanjava-Setting IP Static di Ponsel Android (1) Lanjutkan dengan aktifkan layanan Wifi, OFF menjadi ON

Massolpanjava-Setting IP Static di Ponsel Android (3)Pilih nama Wifi/Access Point yang tersedia, contoh Kabar Pemalang.

Massolpanjava-Setting IP Static di Ponsel Android (4)Masukkan Password Hotspot/Wifi/Access Point dan centang pilihan Show advanced options.

Massolpanjava-Setting IP Static di Ponsel Android (5)Untuk layanan IP pilih IP Static

Massolpanjava-Setting IP Static di Ponsel Android (6)Masukkan IP Address seperti contoh lalu klik Connect.

Massolpanjava-Setting IP Static di Ponsel Android (8)Sangat mudah kan gan? Silahkan tes dengan membuka layanan Twitter, What’App, BBM atau membuka halaman website dengan browser. Oke terima kasih.