Jaman sekarang ga online sehari rasanya seperti di hutan belantara tak berpenghuni, hehe lebay dikit yah. Yups, Desa Pulosari yang berada di kaki Gunung Slamet meski aksesnya jauh dari pusat pemerintahan, di sini sudah disediakan akses internet oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang. Desa Pulosari difasilitasi dengan infrastruktur jaringan dengan tower Triangle setinggi 25m. Selain jaringan yang sudah ada ini, Desa Pulosari juga sudah dilewati jalur Telkom yang sudah didukung Fiber Optik. Sayangnya, karena masih kurangnya ketarampilan TIK dari desa, ketika terjadi permasalahan, hanya dibiarkan mangkrak.

Relawan TIK Pemalang yang sempat mengisi workshop Pemanfaatan TIK di Desa Pulosari berinisiatif untuk membantu desa agar akses internetnya kembali bisa diaktifkan dan dimanfaatkan untuk kepentingan perangkat desa dan warga desa sekitar. Diaz Aulia Fahmi yang sudah terbiasa membangun jaringan RT-RW Net menaiki tower setinggi 25m untuk mengambil peralatan jaringan yang akan disetting ulang. Saya yang berada di bawah jujur merasa ngeri bin khawatir karena Diaz naik tanpa pengaman. Alhamdulillah, semua berjalan lancar.

Di bawah peralatan direset dan seting ulang agar akses internet dapat terkoneksi kembali. Walhasil, koneksi dengan bandwith 5Mbps pun didapat. Untuk kembali menaikkan peralatan tersebut, kami dibantu Ibu Sekretaris Desa meminjam perlengkapan keamanan ke kantor PLN di Kecamatan Moga. Meski gerimis, Diaz kembali naik dan memasang kembali peralatan tersebut. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan akses internet kencang dapat dinikmati oleh perangkat Desa Pulosari maupun warga sekitar.