Lama rasanya baru bisa main ke Puskomas Pekalongan sebuah tempat yang diperuntukkan untuk masyarakat yang mau belajar TIK (Teknologi Informasi dan Komuniasi) di Jl. Bahagia No. 3 Pekalongan atau tepat di depan Rumah Sakit Ibu dan Anak, RS Anugerah. Kali saya ini mendapat kesempatan sebagai pengganti pimpinan Project Grombyang OS, Sumitro Aji Prabowo untuk mengenalkan Sistem Operasi berbasis Open Source bernama Grombyang OS.

Pelatihan Inkscape_1
Kadis Kominfo Kota Pekalongan memberikan sambutan

Dengan segela keterbatasan saya maju mengenalkan Grombyang OS, GrOS Team dan juga Relawan TIK Pemalang beserta kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan. Lumayan keringetan sih karena tidak bisa memperlihatkan tampilan Grombyang OS kepada para peserta karena kendala teknis. Saya hanya bisa memperlihatkan website grombyang.or.id beserta grup facebook sebagai tempat diskusi seputar penggunaan sistem operasi yang belum genap setahun namun menggemparkan jagad open source di Indonesia ini, hehe lebay dikit ah.

Skip….

Pada intinya keberadaan saya di Puskomas kali ini adalah turut serta belajar desain grafis dengan aplikasi Inkscape. Meskipun menggunakan linux sudah lumayan lama, saya jarang sekali menyentuh aplikasi ini. Penggunaan Linux selama ini baru sebatas penggunaan aplikasi perkantoran, browsing internet, bermusik ria, muter video dan sedikit editing gambar atau foto menggunakan aplikasi GIMP. Inkscape? beneran gan jarang sekali saya menggunakannya.

Dalam kesempatan ini, Kadis Kominfo, Sri Budi Santoso menyampaikan kepada para peserta tentang keberadaan dan fungsi Puskomas yang merupakan kerjasama antara Pemkot Pekalongan dan Yayasan Terbuka Indonesia. Beliau juga mengajak para peserta untuk menggunakan software legal, salah satunya adalah dengan menggunakan Linux.

Sebagai pemateri, Puskomas mengundang salah satu pengembang linux BlankOn Pak Sokhibi dari Semarang. Beliau sudah cukup senior dalam dunia Open Source. Di BlankOn sendiri Pak Sokhibi menjadi ketua tim dokumentasi. Hemmm… cucok iki belajar sama beliau.

Dalam pelatihan yang berlangsung kurang lebih 6 jam ini, Pak Sokhibi memperkenalkan  aplikasi Inkscape secara detail. Mulai dari pengenalan menu-menu hingga editing objek agar menjadi menarik. Di sini juga peserta langsung praktek membuat sebuah banner yang mirip dengan banner pelatihan kali ini.

Harapan saya, kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dan bisa diisi dengan materi yang berbeda setiap pertemuannya. Baik Relawan TIK Pemalang, Puskomas dan juga rekan-rekan dari ATTIK Pekalongan siap jalan bareng bersama-sama mengedukasi masyarakat melalui pelatihan-pelatihan TIK. Semoga bermanfaat. Thanks.

Sabtu, 11 April 2015 di Puskomas Pekalongan