Sejak Senin 20 April 2015 lalu saya diajak salah seorang pengajar di sebuah Madrasah Aliyah di Desa Pesantren untuk berbagi seputar pemanfataan TIK bagi para santrinya melalui sebuah pelatihan rutin. Pelatihan ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Nurul Athfal yang juga merupakan bagian dari Pondok Pesantren Nurul Athfal yang didirikan oleh K.H. Syukri Bin H. Nur ‘alim tahun 1961 ini. Sedangkan untuk MA Nurul Athfal sendiri tahun ajaran ini (2014-2015) baru berjalan satu angkatan. 

Hal ini dilakukan guna membekali keterampilan para santri dalam menghadapi era teknologi saat ini. Tidak hanya kemampuan dan pengetahuan agama saja namun dengan adanya pelatihan internet ini diharapkan para santri dapat mengembangkan keterampilan pemanfaatan TIK ini untuk menunjang kegiatan belajar mereka tetapi juga dapat memperkaya keterampilan mereka seperti menumbuhkan minat menulis dengan membuat dan mengelola blog.

“Kami berharap pelatihan ini dapat menambah keterampilan dan wawasan para santri. Selain aktivitas belajar dan mengaji, mereka juga kita coba kenalkan dengan teknologi yang kelak nantinya dapat mempermudah mereka dalam belajar,” demikian ungkapan Hamam salah seorang pengajar di MA Nurul Athfal.

Pelatihan ini rutin dilaksanakan setiap hari senin dan diikuti oleh kurang lebih 15 peserta baik putri maupun putra. Adapun materi yang dikenalkan adalah internet dasar seperti browsing, email dan blog.

OOT

Kebetulan lokasi MA Nurul Athfal ini tidak jauh dari tempat tinggal saya di Desa Kendalrejo. Untuk menuju ke lokasi hanya membutuhkan waktu sekitar 7 menit saja dengan menggunakan sepeda motor. Namun, terkadang justru hari Senin saya berkegiatan di wilayah Pemalang, jadi butuh waktu sekitar 35 menitan untuk sampai di lokasi. Kegiatan sendiri dilaksanakan setiap hari Senin mulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB.

Senang, bisa berbagi dengan mereka. Harapanku, semoga akan semakin ramai kegiatan ngeblog di daerah Pemalang. Bila dibandingkan dengan daerah lain, jumlah blogger di daerah Pemalang masih sangat jauh ketinggalan (kayak ngitung aje gue hahaha). Ayooo Ngeblog!!!