Release party ubuntu 1504
Foto Bersama Panitia Release party ubuntu 15.04

“Badanku Linux sekali Om” masih teringat selorohan salah satu peserta Pelatihan Penggunaan Aplikasi Perkantoran Berbasis Open Source beberapa tahun lalu di Pusdiklat Provinsi Sumatera Barat. Di kalangan komunitas penggerak TIK sistem operasi yang pertama kali dirilis oleh Linus Trovald ini memang jadi primadona. Linux menjadi mainan sehari-hari oleh mereka yang demen plus getol ngoprek.

Kali ini saya tidak mau menulis soal oprek-mengoprek tetapi ingin bercerita seputar peluncuran Ubuntu 15.04 yang diberi nama Vivid Vervet di Gedung Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) di Jalan MH. Thamrin, Jakarta, Sabtu, 23 Mei 2015 lalu. Dalam acara tersebut saya berperan menjari juru foto. Bahasa kerennya seksi dokumentasi bagian fotografi, lebay dikit rapopo yo.

Demi lancarnya Release Party Ubuntu 15.04 ini Yayasan Terbuka Indonesia menggandeng rekan-rekan Grombyang OS langsung dari Pemalang. Sebagian besar temen-temen pengembang Grombyang OS ini turut serta seperti Jordan Andrean,Sumitro Aji Prabowo, Danu Ari Subahri, Bara Ramadhan Asdisusilo, Diaz Aulia Fahmi, Faruk Muhamad, Imam Soleh, Etc Session, Nanda, Kang Suro, Pak Buono. Tidak ketinggalan pengeloa Pusat Komputer Masyarakat Pekalongan, Mbak Faroh Istighfar.

Kami berkereta dari Pemalang pada Kamis sore, 21 Mei 2015 pukul 15:56 WIB. Kami naik Kereta Api Tawang Jaya rute Semarang-Jakarta Pasar Senen. Perjalanannya sih lancar masbro, Alhamdulillah sesampai di Pasar Senen dijemput Mas Tomy. Kami langsung diangkut ke Graha OKUSI di sekitar Kebon Sirih.

Release party ubuntu 1504_2
Persiapan Acara

Di sana kami bersama temen-temen dari Yayasan Terbuka Indonesia seperti Mas Tommy, Mas Syamsul, Mas Nif, Mas Hasan, Mas Jemiro dan Mbak Mira mempersiapkan segala hal. Mulai dari pembagian tugas, perlengkapan dan penyiapan materi dan pemateri pada saat rilis Ubuntu15.04 tersebut. Sebenarnya yang mempersiapkan temen-temen dari YTI sih, kami hanya membantu yang ringan-ringan saja.

Seperti informasi yang saya terima bahwa acara Release Party Ubuntu 15.04 akan dihadiri sekitar dari 230an peserta. Panitia terpaksa membatasi peserta karena terbatasnya kapasitas ruang di Gedung BPPT tempat digelarnya Release Party Ubuntu tersebut…(bersambung)

Pengen tahu cerita tentang meriahnya Release Party Ubuntu 15.04? Tunggu lanjutan cerita #Ngawag ini yah…

Bocoran :

  • Sharing pengalaman para pembicara yang sangat EWOW sekali
  • 3 (tiga) Workshop yang super jeger
  • Tentunya ada yang kece-kece masbro