Hehe sengaja bro saya kasih judul ewow biar pada ngira kalo gelaran Release Party Ubuntu 15.04 di Gedung BPPT kemarin keliatan EWOW, padahal kan emang tidak cuma Ewow tapi yah Jeger juga, biasa bro lebay.

***

massolpanjava release ubuntu 15.04_12Yaps pagi itu Sabtu 23 Mei 2015 saya sudah mandi dan dandan mending ganteng siap berangkat menuju ke Gedung BPPT untuk turut serta mempersiapkan acara. Sebenernya sih dari Graha Okusi ke Gedung BPPT deket, paling juga 10 menitan sampai dengan jalan kaki. Tapi…berhubung saya ngawal perbekalan acara Release Party tersebut saya ke sana naik taksi, sendirian meninggalkan teman-teman yang pagi-pagi udah olah raga jalan dari Graha Okusi menuju BPPT, bagooos.

Sesampai di depan pintu utama saya agak bingung bro, bukan karena ga ada duit buat bayar taksi loh, taksi mah beres malah ada kembalian lagi. Saya bingung karena barang-barang yang diturunkan dari taksi ini lumayan banyak dan saya seoarang diri sementara lokasi Release Partu Ubuntu ada di lantai 3. Saya tunggu teman-teman yang tadi berangkat jalan kaki. Alhamdulillah tidak lama kemudian mereka datang dan masalah terpecahkan.

Naik lantai 3 suasana masih tampak lengang. Yups, para peserta belum ada yang datang. Saat itu hanya beberapa panitia yang lalu lalang. Apalagi mas Syamsul tampak sibuk banget.

Panitia menyiapkan dua blok meja untuk registrasi peserta. Di bagian meja paling depan dekat dengan pintu lift di sana ditempatkan untuk melayani para peserta Purwa. Sedangkan meja sebelum pintu masuk tempat kegiatan di sana disediakan untuk para peserta kategori Madya. Eh Madya apa yang Purwa yah, embuh klalen aku.

Lupa, saya mondar-mandir nenteng kamera SLR merk Canon 90D apa yah, klalen maning. Yups, nenteng kamera bak fotografer profesional yo padahal nyeting pengaturan biar hasil jepretan bagus be ora teyeng, mas …mas…Cemiew rupanya teman-teman yang ditempatkan di bagian registrasi peserta Madya ada dua cewek selain mbak faroh. Saya sibuk sekali hingga tidak sempat ngobrol dan menanyakan nama mereka. (Bilangnya sibuk padahal ga berani mo ngobrol, kayak si Imam soleh yang beraninya cuma moto-moto doang wkwkwk)

Mohon maaf terlalu bertele-tele nih mo cerita tentang Release Party ini.

Singkat cerita para peserta sudah memenuhi tempat duduk yang disediakan panitia. Seminar kali ini diawali dengan pidato singkat padat dan jelas oleh ketua pelaksana Mas Syamsul.

Oh iya, Release Party ini dibagi menjadi dua sesi, seminar dan lokakarya. Sesi seminar menampilkan pembicara-pembicara hebat yang coba menularkan virus-virus Open Source dengan pengalamannya.

Pembicara pertama adalah Mr. Gary Dean yang merupakan pendiri Yayasan Terbuka Indonesia. saya tidak begitu memperhatikan tetapi beliau bercerita tentang bagaimana proses Migrasi dari Windows ke Ubuntu di Kantor. Selanjutnya ada Pak I Putu Agus E.P yang merupakan dosen ITB. Pemaparan beliau adalah tentang Linux, FOSS, dan Implementasinya Pada Smart City.

Nah, salah satu yang heboh adalah kehadiran Om Jo aka Andri Johandri. Praktisi Open Source ini sharing tentang konsep Sistem Operasi custom untuk perusahan. Sebuah peluang terbuka yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan oleh pelaku Open Source.

Lanjut dengan pemateri berikutnya yaitu Pak Iwan S. Tahari seorang pegusaha yang menerapkan penggunaan Sistem Operasi dan Aplikasi Open Source bagi perusahaannya. Pak Iwan S. Tahari menantang tiga peserta untuk instalasi OS Ubuntu versi terbaru beserta dengan instalasi printer yang sudah disediakan panitia.

Berikutnya adalah Kang Kurniadi yang menjabat Senior System Administrator di media online Viva.co.id. Berliau berbagi tentang pengembangan aplikasi embedded linux dengan Raspberry pi.

Pembicara penutup adalah Pak Teddy yang membawakan materi Dukungan Open Source kepada komputerisasi Ramah Lingkungan.

Hampir lupa bro, seminar ini dimoderatori oleh kakak kami yang ganteng dan suka Narsis Mas Jemiro🙂.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata oleh panitia kepada para narasumber. dan dilanjut dengan ISHOMA (Istirahat Sholat dan makan siang).

Seminar berlangsung pukul 09.00-12.00 WIB.

***

Pada pukul 13.00 WIB para peserta dibebaskan untuk memilih materi lokakarya. Ada tiga materi yang dapat dipilih oleh mereka. Pertama materi Desain Grafis dengan FOSS oleh Pak Sokhibi. Kedua, materi “Remaster Ubuntu” oleh rekan-rekan Grombyang OS Team yang dipandu oleh Kang Etc Session. Terakhir, materi “Pemanfaatan Bash Scripting” oleh Mas Nifa Dwi Kurniawan. Para peserta tampak antusias di masing-masing ruangan.

Khusus di ruang “Remaster Ubuntu”, para peserta sampai berdesak-desakan karena terbatasnya tempat duduk. Diantara mereka malah banyak yang memilih duduk lesehan di bagian depan. Etc Session menjelaskan step by step remaster Ubuntu. Biar lebih khusyu’ lampu ruangan sengaja dimatikan. Hingga akhir lokakarya, para peserta masih setia. Keriuhan tampak cair ketika Etc Session akan menutup lokakarya. Sesekali melempar humor yang garing tetapi memang membuat para peserta tertawa, hehe. Beberapa peserta yang aktif dan menjawab pertanyaan mendapat DVD Grombyang OS dari GrOSTeam.

Secara keseluruhan acaranya berjalan lancar dan meriah. Kalo saya bilang yah kayak di judul, EOW gitu lah. Buat saya terlibat dalam kegiatan seminar sekala nasional bukan yang pertama tetapi menjadi bagian dari perilisan Ubuntu, ini adalah yang pertama. Selain pembicara dan peserta yang keren-keren, ada teman-teman panitia yang super keren, khususnya teman-teman dari Yayasan Terbuka Indonesia dan Grombyang OS Team. Thanks buat semuanya.

Note: poto-poto diambil dari web http://www.ubuntu.id