Di era kemajuan teknologi saat ini kemudahan demi kemudahan tersedia di depan mata. Kita bebas memilih tools mana yang yang sekiranya dapat membantu dalam melakukan segala transaksi. Untuk masalah transportasi umum misalnya, pembelian tiket kini sudah sangat mudah. Tinggal buka ponsel atau laptop yang tersambung dalam jaringan internet, pesan dan bayar secara online, tiket bisa digenggam dalam sekejap.

Topik saya kerucutkan ke Tiket Pesawat. Biasanya setiap kita transaksi online maka tiket pesawat dalam bentuk file akan dikirimkan ke email. Namun pada kasus tertentu misalnya karena kita menjadi salah satu peserta kegiatan maka tiket dibelikan oleh panitia dan mereka hanya mengirimkan kode booking saja, jika kita menghendaki bentuk tiketnya maka caranya sebagai berikut:

Tiket Garuda Indonesia

  • Tiket Wings/Lion/Batik Air (menyusul)
  • Tiket Citilink (menyusul)
  • Tiket Sriwijaya/NAM AIR (menyusul)
  • Tiket Trigana (menyusul)
  • Tiket Kalstar (menyusul)
  • Tiket Air Asia (menyusul)

Nah, pertama-tama siapkan kode booking dan tanggal keberangkatan serta nama belakang Anda (Last Name)

Buka Situs http://www.garuda-indonesia.com

Pada halaman depan silahkan cek bagian kanan. Pilih menu Status Reservasi dilanjutkan dengan klik Manage

cetak tiket pesawat garuda_1

Tuliskan Kode Booking dan Last Name pada form yang tersedia lalu klik menu Check

cetak tiket pesawat garuda_2

Jika penulisan Kode Booking dan Last Name benar maka akan muncul informasi seperti di bawah ini. Di sana dapat dilihat Nomor Reservasi (Kode Booking), Nama Penumpang, Harga Tiket. Silahkan klik dicetak

cetak tiket pesawat garuda_3

Tahap selanjutnya pilih menu pilihan printer. Jika Anda menginginkan file dalam bentuk softcopy maka Anda harus menginstal aplikasi yang dapat mendukung, misalnya PDF Creator yang akan mencetak tiket ke dalam bentuk file PDF. Jika yang dipiih adalah satu printer maka akan dicetak dalam bentuk fisik (kertas).

Mudah sekali bukan caranya?