Berbicara mengenai Peta Digital kita pasti langsung kepikiran dengan Google Maps. Fasilitas ini memudahkan kita untuk mencari tempat tertantu atau sekedar ingin mengetahui berapa jarak dari satu tempat ke tempat tertentu lengkap dengan perkiraan waktu tempuhnya. Yang jelas, baik menggunakan browser di PC atau Google Maps di Android dibutuhkan koneksi internet. 

Baru-baru ini saya membaca artikel bahwa ada fitur Peta Offline pada Windows 10. Saya langsung coba pasang di Laptop saya dan taratam…bisa, masbro. Perlu digarisbawahi bahwa ini dikerjakan di atas laptop atau PC yang bukan di ponsel android. Saya akan coba berbagi cara memasang Peta Offline di Windows 10. Let’s go!!!!

Pertama-tama kalian perlu download dan untuk mendownload tentu butuh koneksi. Pastikan kalian sudah terkoneksi dengan internet, kalo tidak punya kuota bisa numpang wifi tetangga atau numpang wifi di cafe atau di tempat mana aja deh yang penting ada wifinya.

Yuk ikuti saya

Pertama-tama tekan Windows (gambar logo windows) +I secara bersamaan hingga muncul tampilan seperti di bawah ini. Selanjutnya klik menu Setting.

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_2

Pilih Offline Maps

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_3

Klik tanda (+) di sebelah tulisan Download maps

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_4

Pilih Benua. Jadi, yang akan kita install peta per negara. Jika ingin install peta Indonesia pilihlah Asia.

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_5

Pilih negara yang petanya ingin kita install.

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_6

Sistem akan mendownload. Tunggulah beberapa saat hingga proses download selesai.

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_1

Jika proses download sudah selesai, kita bisa langsung menggunakannya.

Aplikasi ini tidak serta merta langsung ada di desktop, untuk membuka awal bisa dicari melalui menu pencarian. Ketikkan “Peta” lalu klik aplikasi tersebut untuk membukanya

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_7

Fungsi Peta Offline ini sama persis dengan google maps. Saya coba melakukan pencarian jarak dari lokasi saya ke Bandung


tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_8

Hasilnya, peta akan menunjukkan jalur, jarak tempuh sekaligus waktu tempuh menuju lokasi tujuan yang kita cari. Sangat mudah bukan? Terima kasih. Semoga tutorial ini bermanfaat.

tambah-peta-offline-win-10-massolpanjava_9