Kamis (20/4/2017) saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Tegal. Tujuan saya adalah untuk mengantarkan barang ke salah satu teman yang kerja di salah satu dinas di Pemkot Tegal. Sepulangnya dari sana, saya yang sudah kadung mengidap lapar teramat berat memaksimalkan pandangan di setiap sisi jalan yang saya lewati. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk berburu kuliner khas dari kota yang berjuluk “Kota Bahari” ini. Sempat terlewat beberapa meter, akhirnya saya berputar arah dan merapat di salah satu penjaja kuliner Tegal. Saya berhenti tepat di depan Rumah Makan Moro Joyo. Saya penasaran dengan menu utama di rumah makan ini, kuliner Kepala Manyung.

kuliner tegal kepala manyung moro joyo_1Satu porsi Kepala Manyung saya pesan lengkap dengan nasi dan minumnya. Sambil menunggu saya mengamati tiap sudut rumah makan sederhana ini. Tempatnya asyik. Dindingnya bermotif anyaman memberi kesan artistik. Di sisi kanan disediakan meja dan kursi yang bisa menampung kurang lebih 12 orang pengunjung. Di sisi kiri di mana saya duduk, diseting dengan model lesehan yang bisa menampung kurang lebih 12 orang juga. Jadi, jika kalian mau ke sini dengan teman kerja atau datang rombongan, sangat amat memungkinkan.

Tidak lama pesanan saya pun datang dua potong kepala manyung yang terhidang dalam piring berwarna hijau. Sekilas saya amati dan cium aroma sedap yang timbul dari masakan ini. Ups, rupanya saya yang biasanya selalu mengabadikan hidangan sebelum makan tidak bisa berbuat banyak karena ponsel saya drop dan sedang dicas. Tak pikir panjang saya pun langsung menikmati kepala manyung yang sudah sedari tadi seakan-akan mengajak untuk segera dinikmati. Ces, ketika merasakan kuahnya langsung menghela sejenak, pedes masbro. Kuahnya juga gurih dan sangat menggugah selera. Hidangan ini akan terasa lebih nikmat dan asyik jika disantap dengan tangan. Pisahkan daging ikan dari tulang kepala kemudian celupin ke kuah dan aem masuk ke mulut, mantap banget masbro. Saking nikmatnya, kepala manyung tersisa hanya tulang-tulang saja, hehehe. Maaf lagi kalap.

Oh iya sampe lupa menjelaskan apa sih sebenarnya kepala manyung itu? Manyung merupakan sejenis ikan laut yang menurut info yang saya baca mirip dengan keluarga ikan patin atau ikan bersungut. Dalam prosesnya, sebelum diproses menjadi hidangan Kepala Manyung, ikan ini melalui tahap pengasapan terlebih dahulu.

Menu lain yang bisa dipesan di rumah makan ini antara lain adalah Garang Asem Ikan, Garang Asem Iga Sapi, Sup Iga Sapi, Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sayur Asem, Capcai dan aneka hidangan lainnya.

Soal harga, tenang masbro. Untuk menikmati aneka kuliner di Rumah Makan Moro Joyo ini terbilang terjangkau. Satu porsi kepala manyung dibandrol mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 60.000 tergantung ukuran kepala manyungnya. Satu porsinya pun bisa dimakan ramai-ramai.

Selain sajian khas nan nikmat yang dijajakan di rumah makan ini, pelayanan juga ramah. Pak Johan, pemilik rumah makan ini tidak segan menyapa pengunjung yang datang. Menurutnya, pelanggannya juga beberapa dari luar kota salah satunya dari Jakarta.

Buat kalian yang melintas di Pantura Tegal aja klalen mampir ke Rumah Makan Moro Joyo ini yah.

RM Moro Joyo (Kepala Mangut)
Jl. Tentara Pelajar ( depan SMP N 01 TEGAL)
Jam Buka 9.30-21.00 WIB
Telp/WA 0877-1164-6698 (Bapak Johan)

Advertisements