Bakso Patrol, iki salah satu kuliner enak dengan harga yang sangat merakyat. Yups, Bakso Patrol namanya. Sepintas penampilannya hampir sama dengan bakso malang. Kita tidak akan menjumpai tauge maupun sawi dalam penyajiannya. Begitupun Bakso Patrol ini tetap mendapat tempat di hati sebagian masyarakat Kota Kembang, Bandung.

Saya sempat menanyakan beberapa hal kepada salah satu pedangan yang mangkal di depan Alfamart SMKN 8 Bandung di Jalan Kliningan. Saya sudah dapat informasi siapa pencetus dan pemilik Bakso Patrol ini sekaligus beberapa data gerobak dan lokasi-lokasi beredarnya Bakso Patrol ini, tapi apa mau dikata. Hasil wawancara saya tersebut ada di WA dan ternyata sudah raib, Sob. Penyebabnya memang karena saya menunda-nunda untuk menulis di blog ini. Maafkan saya, Sob.

Oke, kembali ngomongin Bakso Patrol yah. Asyiknya Bakso Patrol ini adalah per item harganya tertera di gerobak. Mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 3.000. Setiap makan Bakso Patrol, orang akan mengeluarkan uang yang berbeda karena seporsinya bisa berbeda-beda pula sesuai dengan item yang dipilih. Dengan adanya sistem seperti ini, kita bisa sesuaikan dengan budget keuangan kita. Kalo saya perhatikan sih rata-rata orang makannya di kisaran Rp 10.000 hingga Rp 12.000. Bahkan ada beberapa anak kecil yang makan Rp 5.000 per porsinya pun dilayani oleh pedagangnya.

Kalo tidak salah (berdasarkan perkiraan waktu wawancara) Bakso Patrol ini dikuasai oleh satu orang dan didukung oleh puluhan pedagang. Sistemnya mirip Bakso Cuanki dan lain-lain. Modelnya menggunakan setoran. Jadi, dapurnya ini satu. Pedagang akan mendapatkan pasokan dari dapur utama.

Jualannya menggunakan gerobak berwarna hijau telor bebek. Dulu sih ada yang mangkal dan ada yang keliling, namun ketika saya makan terakhir kali (Januari 2018) saya hanya menemukan 3 lokasi di seputaran Buah Batu. Pertama, berada di depan Alfamart Kliningan seberang SMKN 8 Bandung. Kedua, berada di Pertigaan Jl. Karawitan dan Jl. Reog. Ketiga, berada di Kompleks Pengairan dekat dengan SDN Cijagra.