Soto Tauto merupakan salah satu kuliner khas Pekalongan yang sangat melegenda selain Megono. Soto dengan kuah bening dan dicampur dengan tauco ini tidak hanya daging sebagai bahan utamanya, melainkan bisa diganti dengan alternatif tahu atau tempe. Yuk simak cerita saya melahap Soto Tauto ini.

**
Tidak sering saya bepergian ke Pekalongan apalagi mengkhususkan diri untuk menikmati kuliner yang ada di Kota Batik tersebut, jarang banget deh meskipun letaknya yang bersebelahan dengan Pemalang.

Kemarin, Selasa (6/2/2018) saya berkesempatan muter-muter di Kota Pekalongan. Tujuannya sih bukan untuk cari kulineran gitu deh, lagi ada keperluan dengan Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo.

Sibuk mondar-mandir dua dinas tersebut sampe-sampe menunda waktu makan siang. Lapar sih cuma kondisinya memang membuat saya harus menunda dulu untuk makan siangnya sampai akhirnya ketika waktu sudah pukul 15:30-an WIB saya putuskan untuk makan siang, ups jadinya makan sore ding. Saat itu saya berada di Kantor Diskominfo Kota Pekalongan yang lokasinya di dekat Lapangan Mataram.

Tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut, tepatnya di Jalan Kurinci, ada satu tempat penjaja kuliner dengan menu utama Soto Tauto. Cukup hanya berjalan kaki dengan waktu tempuh kurang dari 5 menit saya menemukan tempat makan yang lumayan luas ini.

Oh iya, saya ke tempat ini bersama salah satu rekan saya. Saya memesan Soto Tauto menggunakan tahu dan minumnya teh tawar sedangkan rekan saya memesan Soto Tauto menggunakan tempe.

 

Dengan tidak menunggu terlalu lama, menu yang kami pesanpun datang dan dihidangkan di meja kami. Pesananannya sesuai dan kamipun langsung melahap soto pesanan kami masing-masing dan ditambahkan dengan lontong.

Rasanya cocok banget dengan lidah saya yang memang demen dengan kuliner berkuah bening sepert ini. Suap demi suap saya nikmati betul. Kuahnya pun seger banget. Saya menambahkan sedikit sambel biar tambah nikmat. Puas deh pokonya.

Selesai makan jangan lupa untuk membayar yah. Pesanan yang sudah kami santap tersebut dihargai dengan Rp 18.000 dengan rincian 2 porsi soto, 1 es jeruk, 1 teh tawar dan 3 lontong. Murah kan?

 

 

 

Advertisements