Foto oleh : Muslimin (kubril_clbk)

Kemarin malam, Kamis (12/7/2018) menjadi malam yang romantis dan seru, hehe. Saya berjumpa dengan pegiat media sosial Pemalang dan sekitarnya juga ada yang datang khusus dari Blora. Berdasarkan data absensi peserta, lebih dari 60 peserta hadir di acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah dan berlokasi di Wapress JK 2 ini.

Acara ini dibuka oleh Ibu Evi Sulistyorini selaku Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Provinsi Jateng sekaligus mempromosikan agenda kegiatan perayaan HUT Jawa Tengah Ke-68 dengan melaksanakan Pesta Rakyat di Kabupaten Pemalang yang akan dilaksanakan pada Agustus 2018.

Ada beberapa poin yang difokuskan dalam penyelenggaraan kegiatan ini menurut saya. Pertama, pemerintah melalui dinas terkait kini memberi ruang bagi netizen untuk tidak hanya menggunakan media sosial sebagai sarana untuk narsis saja. Melalui media sosial yang dimiliki masyarakat bisa bersinergi dengan pemerintah membagikan informasi yang ada di sekitarnya. Perlu kita ketahui bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi provinsi dengan aktivitas di media sosial yang tinggi. Selain untuk publikasi kegiatan dan program di tiap instansi, Provinsi Jateng sejak setahun terakhir mengelola dan menyediakan layanan aduan masyarakat melalui hastag #kemalajateng di twitter. Hal tersebut disampaikan narasumber dari GRMS, Sukma Wahyu Wardono atau akrab disapa Mas Ardo.

Kedua, melalui narasumber Hengki Tri Kurniawan aka Hengky Kik, peserta diberikan wawasan seputar jurnalisme warga. Kita bisa menjadi produsen informasi melalui artikel hasil dari kejadian-kejadian di sekitar kita yang dapat dipublikasikan melalui website desa, portal online lokal maupun ruang-ruang jurnalisme warga yang disediakan oleh media-media mainstream.

Ketiga, kebetulan narasumbernya saya. Saya berbagi tentang bagaimana mengelola media sosial dan bagaimana membuat konten yang selain bermanfaat juga dapat mendatangkan atensi dari para netizen.

Para peserta antusias dan tidak sedikit yang memberikan pertanyaan kepada narasumber. Serunya lagi panitia menyediakan banyak hadiah bagi para peserta yang hadir. Cukup dengan posting di media sosial apapun menggunakan hastag #anakmedsospemalang, bagi peserta yang beruntung dapat mendapatkan hadiah merchandise dari Biznet, Buku, Kaos dan aneka merchandise lainnya.

Diharapkan rekan-rekan pegiat media sosial bisa menjadi pemfilter untuk informasi hoax, informasi yang kurang utuh maupun informasi yang sifatnya harus dilakukan proses edit sebelum disebarluaskan contohnya seperti foto korban kecelakaan. Melalui wadah ini juga diharapkan netizen dapat berpartisipasi dalam memperkenalkan potensi daerah melalui media sosial.