Kita tahu bahwa teknologi terus berkembang. Saat ini output screen yang tadinya menggunakan port VGA sudah banyak Laptop maupun Perangkat Komputer yang menggunakan output hanya HDMI. Beberapa kendala akan kita temui manakala melakukan presentasi. Beberapa proyektor saat ini masih mengusung teknologi VGA. Sementara laptop-laptop keluaran terbaru sudah tidak lagi menyediakan port tersebut dan hanya menyediakan port HDMI. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dengan teknologi ini gaes:

  1. Kita perlu siapkan port converter HDMI to VGA
  2. Kita harus stand by seting sound apabila ingin menampilkan video audio

Untuk solusi pertama saya rasa aman yah, kita cuma butuh converter HDMI to VGA, silahkan beli saja di toko online atau toko-toko aksesoris perangkat komputer.

Nah, untuk yang kedua ini kalian akan menghadapi beberapa kemungkinan seperti berikut ini. Proyektor-proyektor keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi HDMI. Kita tidak perlu converter tambahan dan biasanya suara atau sound secara otomatis juga ready.

Celakanya adalah jika laptop kalian menggunakan HDMI tetapi proyektor VGA. Nah, kasus seperti ini saya alami beberapa kali kesempatan. Suara baik di speaker laptop secara otomatis masuk ke saluran HDMI sementara kabel VGA tidak bisa menampilkan suara. Untuk itu kita harus seting manual nih gaes. Caranya seperti berikut yah:

  • Silahkan klik kanan icon sound di Taskbar

  • Klik menu Sound

  • Dilanjutkan dengan Playback Device

  • Nah di sini kalian pilih Speaker
  • Terakhir klik OK