Grombyang OS sistem operasi berbasisOpen Source yang dikembangkan oleh Grombyang OS Team (grOS Team) yang terdiri dari dari Relawan TIK Pemalang, Developer dari Jawa Barat maupun dari Aceh yang dipimpin oleh Developer Senior, Etc Session rilis versi Beta, Rabu (5/10) .

Versi Beta ini ditujukan untuk mendapatkan respon dari para pengguna Open Source. Diharapkan para pengguna ini nantinya memberikan masukan setelah merasakan kinerjadari Sistem Operasi yang digarap sejak awal Oktober 2014 ini sebelum nantinya rilis versi resminya.

Menurut penuturan Jordan Andrean salah seorang developer dari Relawan TIK Pemalang, tujuan dari proyek Grombyang OS ini adalah untuk edukasi terutama pengguna linux pemula. Dengan tampilan desktop yang menarik diharapkan para pengguna akan menemukan kesenangan dalam menggunakan sistem operasi ini dan mudah dalam mengoperasikannya.

Nama Grombyang sendiri diambil dari nama makanan khas yang berasal dari daerah Pemalang. Idenya sendiri tercetus oleh grOS Team yang sebagian berasal dari Pemalang.

Sistem operasi hasil remaster Ubuntu14.04 “Trusty Tahr” ini sudah dapat diunduh versi betanya di www.grombyang.or.id. Dibutuhkan ruang hardisk sebesar 1,2 GB untuk menyimpan file ISO Grombyang OS tersebut.

Sumber: kabarpemalang.com