Sumatera Barat menjadi daerah di luar Jawa yang saya kunjungi. Dengan kembalinya saya ke tanah legenda Si Malin Kundang ini artinya saya mencatatkan diri telah enam kali menginjakkan kaki. Kalau tempat kedua adalah Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Di sana saya sudah tiga kali. Hehe ga ada yang nanya yah?😀  (nyengir kuda).

02 Diklat Provinsi Sumatera Barata-Padang Massolpanajava
Suasana Diklat

Perjalanan dimulai dari rumah Senin malam (27/08/2015) menuju Jakarta. Paginya langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta untuk terbang bersama Garuda, hehe kayak Brama Kumbara yah. Dari Jakarta saya bersama Pak Revi salah seorang pegawai Kementerian Komunikasi dan Informatika yang menjadi pendamping selama di Padang, Sumatera Barat. Jadwal penerbangan kami pukul 11.25 WIB. Kurang lebih pukul 13.15 WIB kami tiba di Bandara Internasional Minang Kabau, Padang. Kami dijemput Pak Taufik salah satu Panitia kegiatan yang akan kami isi, Diklat Aplikasi Perkantoran Bagi Aparatur Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Biar cepat yah :

Makan Siang->Check In Hotel->Istirahat. zzzzzzzzzzzzzz…. Kami menginap di Hotel Daima di Jalan Jend. Sudirman No. 17, Padang, Sumatera Barat.

zzzzzzz…

Esoknya langsung merapat ke Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat di daerah Indarung, tidak jauh dari keriuhan Pabrik Semen, Semen Padang. Alhamdulillah sambutan hangat dari peserta menambah semangat saya yang akhirnya bersama Om Indriyatno Banyumurti setelah malamnya menyusul ke Padang dengan jadwal penerbangan malam ke Padang. Tidak hanya itu, saya dan OmIndri juga dibantu oleh rekan-rekan dari Relawan TIK Sumatera Barat seperti Bang Yos, Bang Dedet dan Bang Syaflan. “Ketemu lagi kita bang….” sahutku setelah berjabat tangan dengan mereka. Mereka bertiga mendampingi selama tiga hari dalam diklat tersebut. Peserta diklat kali ini berjumlah kurang lebih 30 orang yang terdiri dari berbagai macam Satun Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Sumatera Barat.  Artinya tidak berbeda jauh dari peserta diklat tahun lalu di tempat yang sama.

Dari hasil kuesioner yang kami sebar di awal pertemuan, terlihat bahwa sebagian besar peserta jarang menggunakan komputer/laptop dan juga jarang mengakses internet. Dari hasil tersebut juga muncul tiga harapan mereka setelah diklat. Pertama, bertambahnya wawasan dan kemampuan teknis para peserta dalam mengoperasikan komputer dan pemanfaatan internet. Kedua, setelah mahir, kemampuan teknis tersebut dapat diaplikasikan untuk menunjang pekerjaan. Ketiga, dapat menunjang keperluan penggunakan perangkat komputer dalalm kehidupan sehari-hari.

Oiya hampir lupa, bahwa dalam diklat ini peserta dilatih untuk menggunakan komputer dari dasar. Mulai dari pengenalan hardware dan software (Sistem Operasi dan Aplikasi Komputer terutama Aplikasi Perkantoran), Pengenalan Jaringan Komputer, Pengenalan dan Pemanfaatan Internet serta Kebijakan-kebijakan pemerintah seputar Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komuniasi. Jadi, para peserta memang diajarkan benar-benar mulai dari awal.

Alhamdulillah sebagian peserta cepat dalam mengikuti langkah demi langkah yang diajarkan. Ditambah dengan sarana pendukung yang lumayan memadai terutama akses internet yang stabil. Berbeda dengan tahun lalu yang harus antri ketika materi pembuatan email dan blog karena jaringan internet lambat. Kendala kecil hanya sekitar dua perangkat yang suka ngambek hehe, sering hang dan restart.

Belajar apa saja sih mereka?

Aplikasi Perkantoran berbasis Windows seperti Word, Excel dan Power Point. Materi-materi tersebut diajarkan oleh Widya Iswara dari Badan Diklat Bapak Busra dan Bapak Fathul. Untuk materi internet mereka kami ajarkan teknik pencarian di Google dan pemanfaatan sarana Google lainnya seperti Trasnlator, Maps, maupun pemanfaatan Google Drive. Untuk yang ini tidak ada kendala lah, lancar masbro, bahkan banyak perserta yang sudah browsing sana-sini tanpa dikomandoi. Selesai diajarkan browsing dan googling mereka kami ajarkan membuat email dan cara menggunakannya. Berikutnya adalah penjelasan singkat tentang keamanan internet. Mulai dari pengenalan berbagai macam tindakan yang termasuk dalam kejahatan internet, Bahaya-bahaya yang ditimbulkan apabila menggunakan internet secara tidak bijak, cara melaporkan situs berkonten negatif hingga sedikit menyinggung tentang Undang-Undang ITE.

Materi jaringan, hehe saya agak gelagepan waktu presentasi. Masalahnya adalah bahan presentasi yang sebelumnya saya cari tidak ketemu. Akhirnya saya nge-caplak bebas sing penting joget, yang penting ngomong, hehe. Materi Jaringan ini sangat teknis, peserta yang masih awam dari sisi kebutuhannya, menurut saya belum sampai ke bagian teknis bagaimana cara setting jaringan. Akhirnya saya hanya mengenalkan singkat tentang jaringan dan manfaatnya serta beberapa alat pendukung. Untuk materi jaringan sendiri saya fokuskan ke kebutuhan para peserta di tempat kerja seperti pemanfaatan sharing file/folder dan perangkat. Waktu mencoba sharing file sempat mengalami beberapa kendala, masing-masing perangkat komputer diinstal dengan sistem operasi yang berbeda. Beberapa ada yang bisa masuk komputer yang dicoba untuk dishare file/foldernya sedangkan lainnya tidak bisa. Begitu juga ketika sharing printer. Alhamdulillah beberapa masalah teratasi meski hingga praktek selesai tidak semua komputer dapat mengakses file/folder dan printer yang di-share. Meskipun demikian, hampir semuanya faham tatacara sharing file/folder dan printer.

Tak terasa kebersmaan selama tiga hari harus diakhiri pada Jumat 31 Juli 2015 pukul 16:00 WIB. Sebelum berpisah saya malah promosi😀 buat mencairkan suasana. Sudah berkali-kali ke Padang status masih sama, sendiri, hehe. Harapan saya simpel bahwa sedikit ilmu yang saya bagi bermanfaat bagi para peserta dan dapat digunakan dalam kebutuhan sehari-hari mereka maupun di tempat kerja. Terima kasih