Salah software tambahan dari Office yang sering saya gunakan adalah Microsoft Office Picture Manager . Software ini memang mudah dan cepat digunakan untuk edit foto. Baik untuk edit kecerahan, croping foto maupun untuk edit ukuran foto. Saya pernah membuat tutorial penggunaan Microsoft Office Picture Manager ini untuk meresize ukuran foto dalam jumlah banyak sekaligus. Silahkan klik di sini.

Pada Office 2007 dan 2010 software ini masih terdapat dalam paketan, namun di paketan Office 2013, Software Microsoft Office Picture Manager sudah tidak diturutsertakan. Lah terus piye carane biar software tersebut dapat kita gunakan untuk edit foto?

Nah, carane gampang kok. Jadi ternyata Picture Manager itu salah satu komponen dari SharePoint Designer 2010 dapat diunduh secara gratis di halaman website Microsoft. Sebelum download di sana, silahkan sesuaikan tipe installer 32 bit atau 64 bit. Jika mesin Laptop atau komputer kalian mendukung tipe 64 bit maka downloadlah yang sesuai. Linknya ada di bawah ini.

32-bit
http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=16573

64-bit
http://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=24309

  • Setelah filenya selesai download silahkan install SharePoint Designer 2010
  • Lakukan instalasi dengan memilih menu Custom
  • Buang ceklis untuk komponen Software yang tidak diperlukan
  • Pilihlah Software Picture Manager dan eksekusi langkah demi langkah proses instalasinya.

massolpanjava picture manager

Caranya mudah, bukan? Gambarnya menyusul yah. Terima kasih

Catatan: selain paketan SharePoint Designer 2010 kalian bisa menggunakan installer Office 2010 yang umum digunakan. Cara installnya sama seperti di atas. Seleksilah hanya software Picture Manager yang akan dipilih untuk diinstall.

sumber gambar: filedb.experts-exchange.com